Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

YLKI Minta Polisi Usut Tuntas Kasus KFC

Tulus Abadi meminta kepolisian untuk segera mengusut tuntas kasus tewasnya Fredy Jayadi

Penulis: Amriyono Prakoso
Editor: Sanusi
zoom-in YLKI Minta Polisi Usut Tuntas Kasus KFC
Tribunnews.com/Amriyono
Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Tulus Abadi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Tulus Abadi meminta kepolisian untuk segera mengusut tuntas kasus tewasnya Fredy Jayadi (45) pada saat lomba makan di wilayah Cengkareng.

"Harus diusut hingga tuntas. KFC telah lalai dalam memberikan pertolongan pertama dan abai dalam keselamatan peserta lomba," tegasnya saat ditemui di Kawasan Car Free Day, Jakarta, Minggu (13/3/2016).

Tulus menjelaskan bahwa penyediaan air putih untuk peserta yang tersedak bukanlah hal yang sesuai. Struktur tulang ayam yang besar dan dagingnya yang padat, seharusnya dapat disediakan tindakan medis dibanding hanya dengan air putih.

Lagipula, kata Tulus, lomba makan tersebut telah menyalahi aturan baik dalam bidang kesehatan dan keagamaan. Menurutnya, manusia harus mengunyah sebanyak 32 kali sebelum akhirnya ditelan. Serta adanya aturan untuk makan perlahan dan tidak terburu-buru dalam semua ajaran agama.

Selain itu, dirinya menilai gerai ayam tersebut dapat dikenakan pasal 359 KUHP tentang kelalaian yang menyebabkan kematian, serta undang-undang konsumen dengan denda Rp 5 miliar atau 2 tahun penjara.

"Bisa saja dikenakan pasal 359 dan undang-undang perlindungan konsumen. Hal seperti ini harus ada efek jeranya agar tidak terjadi lagi di masa mendatang," tambahnya.

Sebelumnya, Fredy Jayadi (45) meninggal dunia saat mengikuti acara perlombaan makan 5 menit berhadiah Rp 5 miliar yang diselenggarakan restoran makanan cepat saji, KFC.

BERITA REKOMENDASI

Lomba berlangsung di KFC Taman Semanan RT/RW 15/11, Kelurahan Duri Kosambi, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat pada Jumat (11/3/2016) sekitar pukul 14.02 WIB.

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat, AKBP Didik Sugiarto, membenarkan insiden tersebut. Setelah menerima laporan, aparat kepolisian langsung menyelidiki.

“Betul (tewas,-red)” kata Didik kepada wartawan, Kamis (11/3/2016).

Lomba diikuti tiga orang termasuk korban. Panitia penyelenggara memberikan tiga potong sayap ayam KFC. Siapa tercepat menghabiskan ayam itu akan menjadi pemenang.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas