Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ini Cara Toyota Mencetak Tenaga Terampil

sejumlah perusahaan mungkin bisa mengikuti jejak PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia yang membangun tempat pelatihan

Penulis: Yurike Budiman
Editor: Sanusi
zoom-in Ini Cara Toyota Mencetak Tenaga Terampil
Tribunnews.com/Yurike Budiman
Ketua KEIN Soetrisno Bachir saat melakukan kunjungan ke pabrik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, setelah melihat perakitan mesin, uji coba air dan kebocoran oli pada Senin (9/5/2016) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Guna mendorong pertumbuhan industri nasional, Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN), Soetrisno Bachir mengatakan sejumlah perusahaan mungkin bisa mengikuti jejak PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia yang membangun tempat pelatihan untuk karyawannya.

"Salah satu fokus kita pada program pelatihan untuk mencetak tenaga kerja terampil yang memiliki sertifikasi," ujar Soetrisno di pabrik TMMIN, Sunter, pada Senin (9/5/2016).

Hal ini seirama dengan filosofi Toyota Indonesia yaitu 'We Make People Before We Make Product' sebagai langkah guna meningkatkan kapabilitas SDM Toyota Indonesia.

Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Warih Andang Tjahjono mengatakan, TMMIN saat ini sudah mengoperasikan tiga tempat pelatihan yakni Toyota Learning Center (TLC) di pabrik-pabriknya.

Tempat pelatihan tersebut tidak hanya digunakan untuk karyawan saja, namun juga bagi para pemasok lokal dan institusi pendidikan serta komunitas di sekitarnya.

"Tahun lalu TMMIN mengoperasikan Toyota Indonesia Academy yang mendidik 32 lulusan SMK sebagai angkatan pertama selama satu tahun untuk menyandang Diploma 1 di bidang manufaktur otomotif," ujar Warih.

Selain itu, Toyota Indonesia juga melakukan kerja sama dengan instansi pemerintah dan institusi pendidikan untuk mengembangkan pendidikan berbasis keterampilan.

BERITA REKOMENDASI

Kerja sama tersebut yakni dengan membuka fasilitas pelatihan bagi Balai Latihan Kerja dan guru serta siswa Sekolah Menengah Kejuruan.

Dengan adanya pelatihan yang dilakukan Toyota Indonesia, KEIN berharap tenaga kerja terampil merupakan salah satu upaya untuk mendorong pertumbuhan industri dan mengurangi jumlah pengangguran.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas