Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Ujian Nasional

Hadapi Ujian Nasional, SD Bhakti YKKP Sudah Siapkan Siswanya Sejak Lama

Siswa Sekolah Dasar Bhakti YKKP (Yayasan Kesejahteraan Karyawan Pajak) mengikuti Ujian Nasional, Senin (16/5/2016).

Hadapi Ujian Nasional, SD Bhakti YKKP Sudah Siapkan Siswanya Sejak Lama
Tribunnews.com/ Fitri Wulandari
Sekolah Dasar Bhakti YKKP (Yayasan Kesejahteraan Karyawan Pajak) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Siswa Sekolah Dasar Bhakti YKKP (Yayasan Kesejahteraan Karyawan Pajak) mengikuti Ujian Nasional, Senin (16/5/2016).

Kepala sekolah SD Bhakti YKKP Bambang Purwanto mengaku pihaknya telah menyiapkan 6 ruangan terkait pelaksanaan UN yang digelar pagi tadi dengan materi ujian Bahasa Indonesia.

"Kami menyiapkan 6 kelas, 6 ruang, hari ini mata pelajaran Bahasa Indonesia," ujar Purwanto, saat ditemui Tribunnews di ruangannya, di SD Bhakti YKKP, Kemanggisan, Jakarta Barat, Senin (16/5/2016).

Pria yang sudah memimpin SD Bhakti YKPP sejak 2006 itu mengungkapkan, UN akan berlangsung hingga dua hari ke depan, kemudian dilanjutkan dengan Ujian Sekolah.

"Namanya Ujian Sekolah Berstandard Daerah (USBD), itu meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA, lanjut nanti tanggal 19 dan 20 (mei) itu ujian sekolah," imbuhnya.

Ia menuturkan pihaknya sudah menerapkan pelatihan berupa pendalaman materi sejak Oktober hingga Maret lalu untuk mempersiapkan siswa menghadapi ujian.

"Itu khusus untuk target mengajarkan mateti-materi yang akan diujikan pada Ujian Nasional, 3 mata pelajaran itu, setiap hari sabtu ya, diluar jam belajar," jelasnya.

Purwanto membeberkan mengenai jumlah soal dan waktu yang diperlukan dalam pengerjaan 1 mata pelajaran.

"Soal yang diujikan ada 50, dengan waktu 120 menit, pengawasnya ada 2 orang, mereka silang, jadi yang mengawasi anak-anak kami adalah guru dari lain sekolah," tuturnya.

Sebelum Ujian Nasional (UN) di SD Bhakti YKKP dimulai, Walikota dan Kasudin Jakarta Barat datang mengunjungi para siswa yang akan menjalani UN.

Menurut Purwanto, dua pejabat daerah tersebut datang pukul 06.30 WIB untuk memberikan motivasi kepada para siswa.

"Tadi sempat bertemu dengan anak-anak dan memberikan motivasi kepada anak-anak, dan alhamdulillah semua berjalan dengan baik," katanya.

Ujian Nasional SD hari ini digelar serempak di seluruh Indonesia, baik Negeri maupun Swasta turut melaksanakan UN hingga 18 Mei 2016.

Materi yang diujikan meliputi 3 mata pelajaran, yakni Bahasa Indonesia, Matematika, serta Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas