Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kepsek Pastikan Data Tujuh Calon Siswa Baru SMAN 23 Jakarta Aman

Edi Susilo menegaskan, calon siswa yang telah mendaftar sebelum website mengalami masalah, datanya sudah aman.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Kepsek Pastikan Data Tujuh Calon Siswa Baru SMAN 23 Jakarta Aman
Tribunnews.com/Fitri Wulandari
SMA Negeri 23 di kawasan Tomang, Jakarta Barat. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Errornya website yang diajukan Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta untuk pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) kemarin, menimbulkan pertanyaan terkait data calon siswa yang telah tersimpan.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMAN 23 Jakarta sekaligus panitia PPDB Edi Susilo menegaskan, calon siswa yang telah mendaftar sebelum website mengalami masalah, datanya sudah aman.

"Sebenarnya nggak hilang datanya ya, itu tidak terinput yang setelah error itu secara otomatis, nah yang sudah daftar sebelum website error, ya tidak masalah, datanya sudah aman," ujar Edi, saat ditemui di SMAN 23, Jalan Mandala, Tomang, Jakarta Barat, Sabtu (18/6/2016).

Menurutnya, sebelum terjadinya masalah pada website tersebut, pihaknya telah menerima tujuh calon siswa yang mendaftar.

"Waktu hari Kamis yang jam sebelum error itu, kita udah dapat tujuh calon peserta didik baru yang mendaftar itu terlayani tujuh orang. Nah pas setelah tujuh orang itu, website langsung nggak bisa diakses," tegasnya.

Data yang telah aman tersebut nantinya akan diproses pada tahap berikutnya, namun untuk calon peserta didik lainnya yang belum mendaftar, prosesnya akan diseleksi melalui website yang mengacu pada Surat Edaran Baru dari Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta.

"Tapi hari sebelumnya (Rabu) nggak ada masalah, itu semua udah terinput. Nah ketika Surat Edaran ini keluar, kita udah nggak proses lagi itu websitenya juga nggak bisa diakses kan," jelasnya.

BERITA TERKAIT

Terkait penyebab terjadinya error, Edi menuturkan, pihaknya tidak menanyakan penyebab terjadinya hal tersebut pada Dinas Pendidikan karena bukan merupakan ranahnya.

"Kita nggak nanya kenapa bisa begitu karena itu wilayah mereka, yang penting ada solusinya," tandasnya.

Sebelumnya, website yang diajukan oleh Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta untuk menyeleksi Penerimaan Peserta Didik Baru yakni http://sma.ppdbdki.my.id mengalami masalah dan tidak bisa diakses setelah sehari digunakan.

Terkait masalah tersebut, banyak orangtua calon peserta didik baru yang mengeluh dan mempertanyakan kesiapan pemprov DKI Jakarta dalam menyediakan wadah untuk menyeleksi calon siswa dengan menggunakan sistem online.

Tidak jarang pula yang mengeluhkan keterbatasan ilmu dan dana yang dimiliki para orangtua siswa, karena masih banyak dari mereka yang memiliki keterbatasan kemampuan dalam menggunakan komputer, notebook, maupun smartphone untuk mengakses website tersebut.

Terkait website baru yang telah diajukan oleh Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, para orangtua kini bisa mengakses proses seleksi PPDB melalui http://jakarta.siap-ppdb.com.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas