Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jaro Ade Apresiasi Kunjungan Presiden Jokowi

Kali ini Jokowi meninjau ruas jalan tol Bogor-Sukabumi di Ciawi, Bogor sepanjang 54 kilometer.

Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Jaro Ade Apresiasi Kunjungan Presiden Jokowi
Ist/Tribunnews.com
Presiden Joko Widodo meninjau ruas jalan tol Bogor-Sukabumi di Ciawi, Bogor sepanjang 54 kilometer. 

TRIBUNNEWS.COM, BOGOR - Di hari ulang tahun ke-55, Selasa (21/6/2016), Presiden Joko Widodo kembali menyusuri proyek-proyek yang ditinggalkan pemerintahan era sebelumnya.

Kali ini Jokowi meninjau ruas jalan tol Bogor-Sukabumi di Ciawi, Bogor sepanjang 54 kilometer.

Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Ade Ruhandi yang hadir mendampingi Presiden mengaku gembira karena infrastruktur yang terbengkalai tahunan itu akan segera difungsikan.

“Saya selaku wakil rakyat menyambut gembira karena Bapak Presiden sudah memberi ketegasan bahwa pembangunan Tol Bocimi harus selesai tahun 2018, lebih cepat dari yang dijanjikan pada 2019,” tutur Jaro Ade kepada wartawan.

Permintaan percepatan pembangunan ini disampaikan Presiden Jokowi ke PT Waskita Karya (persero) Tbk saat meninjau pembangunan jalan tol tersebut di Kelurahan Gadog, Kecamatan Megamendung, Jawa Barat, Selasa (21/6/2016).

Turut mendampingi Presiden, Menteri BUMN Rini M Soemarno, Menteri PU Basuki Hadimuljono, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Juru Bicara Presiden Johan Budi SP, dan Bupati Bogor Nurhayanti dan Ketua DPRD Kab.Bogor Ade Ruhandi.

“Ini akan kita kerjakan. Sudah dimulai seksi I-nya dan pembebasan lahannya sudah 94,7 persen yang seksi I, nanti dilanjutkan ke seksi II, III, dan IV,” kata Presiden seperti dikutip dari laman resmi Sekretariat Kabinet.

BERITA TERKAIT

Karenanya khusus untuk seksi I, Jokowi menargetkan pembangunan fisiknya harus selesai pada tahun depan. “Investornya tidak mulai-mulai. Groundbreaking ini sudah pindah swasta tidak sekali-dua kali. Ini model-model seperti ini saya kira seperti yang kita lihat di Ngawi, di Solo, Solo-Ngawi, Ngawi-Mojokerto sama saja, seperti itu. Yang Batang juga kita ambil alih,” kata Jokowi.

Jaro Ade menilai, Jokowi menunjukkan sikap keteladanannya sebagai negarawan dengan mengesampingkan kehidupan pribadi . “Ini sikap teladan yang harus ditiru. Di hari ulang tahunnya, beliau justeru bersama rakyat Bogor mengecek langsung proyek pembangunan jalan tol,” ujarnya.

Menurut pria yang menjabat sebagai Ketua DPD Golkar Kabupaten Bogor itu, kunjungan Jokowi ke wilayah Bumi Tegar Beriman ini di hari spesialnya membawa berkah tersendiri bagi masyarakat.

“Tadi beliau juga membagikan sembako ke masyarakat di sepanjang jalan Karekel maupun di Desa Cibodas, disitu saya melihat banyak kaum ibu dan janda tua menangis haru karena diberikan sembako langsung oleh presiden,” tutur Jaro Ade.

Jaro pun berharap, Kabupaten Bogor yang merupakan daerah penyangga Ibukota ini bisa menjadi daerah yang terus berkembang, apalagi ada dua pembangunan infrastruktur besar seperti Jalur tol Bocimi dan Puncak II.

Seperti diketahui, Jokowi meminta pembangunan proyek jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) dipercepat. Sebab, pembangunan proyek tersebut sudah tertunda sangat lama. "Tol ini pernah di-groundbreaking empat kali, tapi berhenti. Ini dimulai sejak tahun 1997, tapi sampai sekarang semeter pun belum," ujar Jokowi saat meninjau proyek.

Usai mengecek lokasi pembangunan tol, Presiden bersama rombongan menuju tempat penggemukan sapi di RT 06/05, Desa Cibodas, Kecamatan Rumpin, yang dikelola PT Karya Anugerah Rumpin (KAR). Selain itu, ia juga dijadwalkan meninjau jalan layang Bekasi-Cawang-Kampung Melayu.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas