Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ahok Lacak The Jakmania Terlibat Bentrokan

Basuki Tjahaja Purnama menginstruksikan Dinas Pendidikan DKI Jakarta untuk melakukan pendataan daftar pelajar yang dibawa ke Mapolda Metro Jaya.

Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Ahok Lacak The Jakmania Terlibat Bentrokan
Super Ball/Super Ball/Feri Setiawan
Suporter Persija Jakarta memasukin lapangan saat pertandingan Persija Jakarta melawan Sriwijaya FC dalam laga Indonesia Soccer Championship (ISC) A 2016 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Jumat (24/6/2016). Pertandingan tersebut dihentikan setelah suporter Persija Jakarta masuk ke lapangan dan menyerang petugas kepolisian setelah Persija tertinggal 1-0 atas Sriwijaya FC. Super Ball/Feri Setiawan 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menginstruksikan Dinas Pendidikan DKI Jakarta untuk melakukan pendataan daftar pelajar yang dibawa ke Mapolda Metro Jaya.

Duel sengit yang mempertemukan Persija dan Sriwijaya FC di Stadion Gelora Utama Bung Karno berujung rusuh. Pendukung Persija, The Jakmania, menjebol pintu pembatas di sektor timur.

Mereka masuk ke dalam lapangan, bentrokan dengan pihak kepolisian tak terhindarkan. Kejadian itu mengakibatkan empat polisi luka-luka.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta merespon kerusuhan tersebut. Melalui tim Dinas Pendidikan, rencananya akan ditelusuri siapa saja pemuda yang terlibat dalam kerusuhan yang terjadi Jumat (24/6/2016) pekan lalu itu.

"Kita lagi lacak dia sekolah di mana. Supaya pembinaan lebih gampang," ujar Ahok di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin (27/6/2016).

Setelah penelusuran Dinas Pendidikan akan mengambil sikap. Bila yang terlibat merupakan anak telantar, Ahok menginstruksikan Dinas Sosial DKI Jakarta akan turun tangan, untuk kemudian anak jalanan itu dipindahkan ke rumah singgah.

BERITA TERKAIT

"Kita harus tahu dulu dia sekolah atau tidak. Termasuk kalau dia anak telantar, kita minta Dinsos turun. Kan banyak rumah singgah, rumah belajar. Kita sudah minta dia turun," kata mantan Bupati Belitung Timur tersebut.

Pertandingan antara Sriwijaya melawan Persija terpaksa dihentikan di menit ke-77 karena ricuh. Dalam kericuhan, satu di antara yang terluka adalah Brigadir Hanafi. Dia masih terbaring di Rumah Sakit Polri Kramatjati, Jakarta Timur.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas