Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Relawan Bersihkan Ranjau Paku di Jalanan Jakarta dari Subuh hingga Malam

Bagi para karyawan kantor, operasi tersebut bisa dilakukan menjelang subuh hingga sebelum pergi ke kantor.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Relawan Bersihkan Ranjau Paku di Jalanan Jakarta dari Subuh hingga Malam
Tribunnews.com/Fitri Wulandari
Tim Saber Community saat rayakan hari jadi ke-5 dengan mengadakan kegiatan Gelar Hasil Operasi Ranjau Paku di Kawasan Bundaran HI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (7/8/2016). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Relawan penyapu ranjau paku  kerap berbagi tugas membersihkan jalanan Jakarta dari paku dari subuh hingga tengah malam.

Wakil Ketua Komunitas Sapu Bersih Ranjau Paku (Saber Community) Agus (45) mengatakan para anggotanya berbagi tugas  membersihkan jalanan Jakarta sesuai dengan waktu luang yang dimiliki.

Bagi para karyawan kantor, operasi tersebut bisa dilakukan menjelang subuh hingga sebelum pergi ke kantor.

"Tiap anggota, dengan kesadaran sendiri setelah shalat subuh ada yang nyapu, sebelum berangkat kantor juga nyapu dulu," ujar Agus, saat ditemui Tribunnews.com di kawasan Bundaran HI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (7/8/2016).

Setelah berangkat ke kantor, operasi pembersihan paku akan dilanjutkan oleh rekan lainnya yang memilik waktu luang.

"Nah, nanti pas berangkat (ke kantor) ya disambung sama teman yang jam kerjanya berbeda, seperti estafet gitu," jelasnya.

Menurutnya, para anggota Saber Community mengerjakan tugasnya pada saat memiliki waktu luang, pekerjaan utama mereka beragam, mulai dari karyawan kantor hingga kurir.

BERITA TERKAIT

"Ada yang sambil pulang ngantor, ada yang sambil berangkat ke kantor, ada yang kurir, itu dia sambil melaksanakan tugasnya nyapu," katanya.

Terkait jam kerja, dirinya menuturkan tidak memaksa anggotanya untuk bertugas dengan waktu yang ditetapkan, semua tergantung pada waktu luang yang dimiliki.

"Itu masing-masing anggota mempunyai waktu ya, jadi kita tidak mewajibkan dari jam sekian sampai jam sekian," tuturnya.

Lebih lanjut Agus menambahkan, sebagai bagian dari tim Saber Community, para anggota biasa bekerja hingga tengah malam.

"Kalau sampai tengah malam itu, ya hampir tiap malam ya," pungkasnya.

Komunitas Sapu Bersih Ranjau Paku atau biasa disebut sebagai Saber Community memperingati hari jadi yang ke-5 dengan mengadakan kegiatan 'Gelar Hasil Operasi Ranjau Paku'.

Kegiatan tersebut digelar saat momen Car Free Day (CFD) berlangsung di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jalan MH Thamrin, Jakarta Ousat, pada jam 06.00 WIB.

Total ranjau paku yang berhasil dibersihkan oleh tim Saber Community di kawasan DKI Jakarta hingga Bekasi nyaris 1400 Koligram atau mendekati 1,5 ton.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas