Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kerusuhan Penjaringan Tidak Ada Kaitan dengan Aksi 4 November

Peristiwa penjarahan toko waralaba, dan pembakaran serta penganiayaan yang terjadi di Jalan Gedong Panjang, Penjaringan, adalah murni kriminal.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Kerusuhan Penjaringan Tidak Ada Kaitan dengan Aksi 4 November
Tribunnews.com/Abdul Qodir
Sejumlah barang bukti dibawa petugas Polres Jakarta Utara saat olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) di dua minimarket, Jalan Gedong Panjang, Penjaringan, Jakut, Sabtu (5/11/2016). Kedua minimarket tersebut sempat dirusak dan dijarah sekelompok orang pada Jumat (4/11/2016) malam. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nurmulia Rekso Purnomo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Peristiwa kerusuhan di Penjaringan, Jakarta Utara, Sabtu (5/11/2016) dini hari, terjadi tak lama setelah bentrokan di kawasan Monumen Nasional (Monas) oleh peserta aksi 4 November berakhir.

Namun dua peristiwa tersebut tidak berkaitan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Awi Setiyono di Mapolda Metro Jaya, Minggu (6/11/2016), menjelaskan peristiwa penjarahan toko waralaba, dan pembakaran serta penganiayaan yang terjadi di Jalan Gedong Panjang, Penjaringan, adalah murni kriminal.

"Tidak ada (kaitannya). Memang kita tengarai ada provokator melakukan pengerusakan dan penjarahan," katanya.

Mereka adalah warga dari sekitar lokasi kejadian, antara lain warga Muara Baru, Tanah Pasir dan warga Luar Batang. Dari kejadian tersebut Polisi menetapkan 11 orang tersangka.

"Masih ada DPO (Daftar Pencarian Orang) enam belas orang," ujarnya.

BERITA TERKAIT

Dari kesebelas orang itu antara lain mereka dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian dan 170 KUHP tentang penganiayaan serta pasal 214 KUHP karena melawan petugas.

Diberitakan sebelumnya Kombes Awi Setiyono mengatakan ada tiga belas orang tersangka. Kabid Humas Polda Metro Jaya kemudian meralat informasi tersebut.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas