Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kapolda Metro Jaya M Iriawan Dinilai Mencemarkan Nama Baik HMI

Ketua Umum PB Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) menegaskan dirinya akan melakukan pra peradilan dalam kasus yang menjerat lima kadernya.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Kapolda Metro Jaya M Iriawan Dinilai Mencemarkan Nama Baik HMI
youtube
Ketua Pengurus Besar (PB) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Mulyadi P Tamasir bersama kuasa hukumnya mendatangi Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Semanggi, Jakarta Selatan, Kamis (10/11). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Penuhi panggilan penyidik Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Ketua Umum PB Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) menegaskan dirinya akan melakukan pra peradilan dalam kasus yang menjerat lima kadernya.

Ia tidak menerima status tersangka yang telah ditetapkan oleh penyidik Polda Metro Jaya terhadap para kadernya tersebut yang dituding sebagai provokator dalam Aksi Bela Islam II pada 4 November lalu.

"Kami PB HMI akan mempraperadilankan lima orang kader HMI yang dinyatakan sebagai tersangka" ujar Mulyadi saat ditemui di Ditreskrimum Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Kamis (10/11/2016).

Baca: Ketum PB HMI Enggan Beri Keterangan Selama Kapolda Metro Masih Dijabat Iriawan

Baca: Eggi Sudjana Bantah Aktivis HMI Anarkis Saat Demo 4 November

Tidak hanya itu, ia pun tidak segan untuk melaporkan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Iriawan yang dianggap melakukan penghasutan terhadap massa dari organisasi lain untuk menyerang pihaknya.

Menurutnya, tudingan tersebut telah mencemarkan nama baik organisasi yang dipimpinnya.

"Kita akan melaporkan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Iriawan, karena telah menghasut dan mencemarkan nama baik HMI," tegasnya. 

Sebelumnya, Polda Metro Jaya telah menangkap lima kader HMI yang dituding menjadi provokator dalam aksi 4 November di depan istana negara.

BERITA TERKAIT

Kelimanya ditangkap di lokasi yang berbeda.

Polda Metro Jaya pun mengaku telah memiliki bukti berupa foto dan video yang akan menjadi kunci untuk menjerat mereka.

Di sisi lain, beredar pula video yang memperlihatkan Kapolda Metro Jaya tengah melontarkan kalimat yang diduga bernada provokasi untuk menyerang organisasi kemahasiswaan tersebut saat terjadi demo 4 November lalu.

Video tersebut pun menjadi viral di social media.

Berdasarkan video viral itulah, HMI berencana melaporkan M Iriawan terkait dugaan penghasutan dan pencemaran nama baik.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas