Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Pilgub DKI Jakarta

Agus dan Anies Diprediksi Lolos Putaran Dua, Ahok Tersingkir

"Kalau saya boleh prediksi, nomor satu dan nomor tiga yang akan bertarung di putaran kedua," jelas Ubaedillah di Kawasan Cikini.

Agus dan Anies Diprediksi Lolos Putaran Dua, Ahok Tersingkir
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur nomor urut 1 Agus Yudhoyono dan Sylviana Murni, Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur nomor urut 2 Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat, dan Pasangan Calon nomor urut 3 Anies Baswedan dan Sandiaga Uno menyanyikan lagu Padamu Negeri usai mengikuti debat Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta di Jakarta, Jumat (13/1/2017). Dalam debat pertama kali ini KPU DKI Jakarta mengangkat tiga isu, yakni sosial-ekonomi, pendidikan-kesehatan, dan lingkungan-transportasi. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Pusat Politik Universitas Negeri Jakarta, Ubaedillah Badrun, memprediksi dua pasang calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta yakni Agus Yudhoyono-Sylviana Murni dan pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno  yang akan masuk putaran kedua di Pilkada DKI Jakarta.

Lalu bagaimana dengan pasangan Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat?

"Kalau saya boleh prediksi, nomor satu dan nomor tiga yang akan bertarung di putaran kedua," jelas Ubaedillah di Kawasan Cikini, Jakarta, Senin (16/1/2017).

Dia menguraikan alasannya.

Baca: Intrans: Pilkada DKI Jakarta Satu Putaran

Saat ini masih terdapat 15-20 persen suara yang mengambang atau belum menentukan pilihan.

Sementara 70 persen masyarakat DKI Jakarta sudah menentukan sikap.

Suara mengambang tersebut, dikategorikan oleh Ubaedillah merupakan pemilih rasional yang melihat program kerja dan juga cara pasangan meyakinkan mereka.

Baca: Agus Merasa Unggul, Ahok Inginkan Debat Lebih Bermutu, Anies: Paling Penting 15 Februari

Dari 20 persen suara itu, kata dia, setengahnya akan lebih condong ke Anies mengingat latar belakang Anies yang berpendidikan dan Sandiaga yang pengusaha.

"Sehingga kalau dilihat elektabilitas dan potensinya, Agus dan Anies akan masuk ke tahap berikutnya," kata dia.

Terlebih, apabila tim pemenangan Ahok-Djarot tidak dapat menurunkan tensi politik di Pilkada DKI Jakarta, maka bukan tidak mungkin suara Ahok akan tertinggal cukup signifikan.

Penulis: Amriyono Prakoso
Editor: Hasanudin Aco
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas