Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Survei PolMark Urutan Pertama, Anies: Kami akan Terus Kerja Keras

Anies mengaku semkain optimis menyambut Pilkada DKI Jakarta. Terutama pasca debat kemarin yang mendapatkan respon positif dari publik.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Survei PolMark Urutan Pertama, Anies: Kami akan Terus Kerja Keras
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Eep Saefulloh Fatah 

Laporan Wartawan Tribunnews, Taufik Ismail 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - ‎Calon gubernur Jakarta Anies Baswedan mengaku akan terus bekerja keras menyerap aspirasi warga Jakarta, meskipun survei PolMark menempatkan dirinya diurutan pertama tingkat keterpilihan warga dalam Pilkada DKI.

‎"Kita akan kerja keras terus dan hasil survei yang muncul, kalau kita lihat lebih menggambarkan apa yang sebenarnya terjadi," ujar Anies Kamis, (19/1 /2017).

Anies mengaku semkain optimis menyambut Pilkada DKI Jakarta. Terutama pasca debat kemarin yang mendapatkan respon positif dari publik.

"Kita makin optimis, kita terus kampanye, sosialisasi, dan gerakan di bawah dan insya Allah di bulan Februari hasilnya baik seperti hasil sekarang," katanya.

Untuk diketahui dalam survei PolMark, yang dirilis kamis kemarin,  tingkat elektabilitas pasangan calon nomor urut tiga‎ Anies-Baswedan-Sandiaga Uno menduduki posisi teratas di Pilkada DKI Jakarta.

Anies-Sandi mengungguli pasangan Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni dan pasangan Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Syaiful Hidayat.

BERITA TERKAIT

Dari hasil survei tersebut, elektabilitas Anies-Sandi berada di angka 25,3 persen, disusul Agus-Sylvi 23,9 persen dan Ahok-Djarot yang mendapat 20,4 persen.

"Dan ada yang menarik terdapat 23 persen responden yang merahasiakan jawabannya, dan yang tidak tahu atau tidak menjawab 7,4 persen,"kata CEO PolMark, Eep Saefulloh Fatah .

Eep menjelaskan karena masih ada 23 persen responden yang masih merahasiakan pilihannya, ‎lembaganya kemudian melakukan pendalaman untuk mengetahui preferensi pilihan terhadap tiga pasangan calon. 

Dari pendalaman  dengan cara ditanyakan secara halus kemudian diketahui preferensi pilihan 23 persen responden tersebut.

Dari jumlah itu, sebanyak  6,4 persen memilih Anies-Sandi, Ahok-Djarot 4,2 persen dan Agus-Sylvi 6 persen dan tidak menjawab 6,4 persen.

"Sehingga ketika ditambahkan terdapat  potensi elektabilitas calon gubernur dan wakil gubernur per awal Januari 2017. Yakni  Anies-Sandi 31,7 persen, Agus-Sylvi 29,9 persen dan Ahok-Djarot 24,6 persen. Tidak menjawab 13,8 persen," pungkas Eep.

Survei PolMark Indonesia yang dilakukan secara tatap muka pada 6-12 Januari 2017 tersebut melibatkan 1.200 responden yang tersebar secara proporsional berdasarkan jumlah penduduk setiap kota.

Metode yang digunakan adalah multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas