Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Menengok Apa Saja yang Ada di Jakarta Creative Hub, Wadah Anak Muda untuk Berwirausaha

Awal bulan ini, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) meresmikan Jakarta Creative Hub.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Menengok Apa Saja yang Ada di Jakarta Creative Hub, Wadah Anak Muda untuk Berwirausaha
TRIBUNNEWS.COM/TRIBUNNEWS.COM/LENDY RAMADHAN
Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) meresmikan Jakarta Creative Hub di Gedung Smesco, Jalan K.H. Mas Mansyur, Tanah Abang, Jakarta Pusat, (1/3/2017). Jakarta Creative Hub merupakan fasilitas untuk menunjang Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) DKI Jakarta untuk mengembangkan usahanya. TRIBUNNEWS.COM/LENDY RAMADHAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Awal bulan ini, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) meresmikan Jakarta Creative Hub.

Jakarta Creative Hub yang berlokasi di lantai 1 Gedung Graha Niaga Thamrin, Jakarta Pusat ini merupakan wadah bagi para pelaku usaha muda untuk mengembangkan kreativitas mereka dan berwirausaha.

Begitu masuk ke lokasi, kesan yang muncul adalah muda dan menarik. Banyak pengunjung, termasuk awak media, yang ketika itu berfoto-foto di berbagai sudut Jakarta Creative Hub.

Tampak mural menarik yang menghiasi dinding tempat itu.

Jakarta Creative Hub yang didesain minimalis itu didominasi warna hitam dan putih.

Leonard Theosabrata, salah seorang pendiri Indoestri, pihak ketiga yang bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta, mengatakan bahwa Jakarta Creative Hub terbagi dalam tiga konsep.

"Pertama, sebuah makerspace, co-office, dan co-working. Tiga konsep itu menjadi satu dalam Jakarta Creative Hub," kata Leo, seperti dilansir Kompas.com, saat pembukaan tempat ini.

BERITA TERKAIT

Di dalam Jakarta Creative Hub, ada beberapa ruangan penunjang, seperti ruang pelatihan, bengkel kerja, erpustakaan, laboratorium komputer, dan ruang belajar.

Ada ruang kerja yang disubsidi oleh Pemprov DKI Jakarta dan dapat disewakan kepada pelaku UKM di bagian belakang Jakarta Creative Hub.

"Misalnya untuk mendapat office yang ukuran segitu di kawasan Thamrin, kami masih finalisasi, tetapi mungkin starting Rp 3 juta per ruangan (untuk sewa tiap bulannya). Ada 12 ruangan," kata Leo.

Baca: Alasan Ahok-Djarot Tak Mau Berikan Bantuan Sosial Langsung

Selain menyediakan tempat, Pemprov DKI Jakarta menyediakan alat untuk berkreasi dan berwirausaha.

Sebanyak 35 alat yang disediakan Pemprov DKI Jakarta itu dapat digunakan secara cuma-cuma.

Ada mesin jahit, mesin potong besar, mesin gerber, mesin untuk kulit, kayu, logam, dan lainnya.

Veronica Tan, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah DKI Jakarta dan aktor di balik ide ini, berharap dengan adanya Creative Hub ini membuat anak-anak muda akan sangat senang ada di sini.

Aspirasi dan kreativitasnya akhirnya bisa disalurkan dan difasilitasi oleh pemerintah.

Di Creative Hub ini rencananya akan ada kelas mentoring untuk entrepreneur muda. Sehingga diharapkan akan melahirkan pengusaha-pengusaha muda yang sukses, kreatif dan punya visi ke depan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas