Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Projo: Publik Sudah Tahu Mana yang Sibuk Mainkan Isu SARA

Kekerasan alam kontestasi politik Pilkada DKI Jakarta 2017, sudah tidak bisa ditoleransi lagi

Editor: Rachmat Hidayat
zoom-in Projo: Publik Sudah Tahu Mana yang Sibuk Mainkan Isu SARA
ISTIMEWA
Ketua Umum DPP Projo Budi Arie Setiadi 

 TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Kekerasan dalam kontestasi politik Pilkada DKI Jakarta 2017, sudah tidak bisa ditoleransi lagi. Dalam kerangka kemanusiaan dan kebangsaan Indonesia, terutama intimidasi psikologis berupa penolakan mengurus jenazah pihak yang diduga mendukung lawan politik.

"Ini sudah di ambang batas yang harus segera dihentikan," tegas Budi Arie Setiadi , Ketua Umum DPP PROJO , Ormas garis keras dan militan pendukung Jokowi, Sabtu (18/3/2017).

Dalam pernyataannya, Ormas Projo ini juga menyatakan, upaya mewujudkan persatuan bangsa tidak bisa ditawar. Pilkada bukan segalanya, apalagi jika solidaritas kemanusiaan dan persatuan bangsa dijadikan taruhan.




"Jangan menghalalkan segala cara untuk meraih jabatan. Persatuan dan kesatuan bangsa tidak bisa dinegosiasikan," ujar Budi Arie Setiadi.

Budi Arie menegaskan kembali, keluarga sudah menanggung duka mendalam karena ditinggalkan anggota keluarga yang wafat. Janganlah ditambah dengan intimidasi keji mengatasnamakan dukungan terhadap calon tertentu.

Pasangan calon yang menuai dukungan dari aksi intimidasi tersebut seharusnya tidak tinggal diam. "Jangan tersenyum di atas penderitaan rakyat," sindir Budi.

Budi Arie mengakui kerasnya konflik politik dalam Pilkada DKI Jakarta. Saling serang terjadi mulai di media sosial sampai di lapangan keseharian.

BERITA TERKAIT

Fitnah kemudian dilancarkan untuk mendiskreditkan lawan politik, terus terjadi. Isu SARA diproduksi sedemikian rupa, lanjutnya, yang mengakibatkan sekat-sekat dan pengkotakan di masyarakat.

Apalagi saat ini yang menginjak pemilihan final putaran kedua yang menyisakan dua pasangan, yaitu Basuki Tjahaja Purnama – Djarot Syaiful Hidayat dan Anies Baswedan – Sandiaga S. Uno.

"Publik sudah tahu pihak mana yang sibuk memainkan isu SARA yang memecah belah persatuan bangsa. Basuki-Djarot yang menjadi sasaran utama. Pilkada bukan segalanya, jangan bermain-main dengan nurani rakyat," dirinya mengingatkan.

DPP PROJO, yang menjadi bagian kekuatan masyarakat pendukung Basuki-Djarot, tegasnya lagi, meminta tokoh-tokoh masyarakat dan pemerintah juga para calon gubernur untuk meredam aksi-aksi intimidasi demi menjaga solidaritas kemanusiaan sesama anak bangsa.

Ia memastikan, Projo akan melawan intimidasi dan menyerukan kepada masyarakat agar jangan takut.
"Hentikan segera permainan kotor seperti itu. Masyarakat dan PROJO tidak akan tinggal diam. Jangan sampai demokrasi Indonesia menorehkan sejarah kelam ," pungkas Budi Arie.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas