Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

'Masjid Raya KH Hasyim Asy’ari Komitmen Pusat dan Pemprov DKI Menghormati Hak Beribadah Warga'

Presiden Joko Widodo berbicara mengenai hak beribadah warga ketika meresmikan Masjid Raya KH Hasyim Asy’ari, Jakarta Barat, Sabtu (15/4/2017).

Penulis: Imanuel Nicolas Manafe
Editor: Dewi Agustina
zoom-in 'Masjid Raya KH Hasyim Asy’ari Komitmen Pusat dan Pemprov DKI Menghormati Hak Beribadah Warga'
Tribunnews.com/Imanuel Nicolas Manafe
Presiden Joko Widodo bersama Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan Pelaksana tugas Gubernur DKI Jakarta Soemarsono di Masjid Raya KH Hasyim Asyari, Sabtu (15/4/2017). TRIBUNNEWS.COM/NICOLAS MANAFE 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo berbicara mengenai hak beribadah warga ketika meresmikan Masjid Raya KH Hasyim Asy’ari, Jakarta Barat, Sabtu (15/4/2017).

Berdirinya Masjid Raya KH Hasyim Asy’ari merupakan bukti komitmen Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam menghormati hak beribadah warganya.

"Masjid Raya ini juga jadi bukti komitmen pemerintah pusat dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam hargai hak beribadah umat Islam sebagai pilar utama bangsa ini dan pemerintah mendukung penuh hak beragama dan beribadah warganya,” ujar Jokowi dalam pidatonya.

Baca: Alasan Pemprov DKI Namakan Masjid Raya KH Hasyim Asyari

Jokowi kembali mengingatkan bahwa Indonesia adalah negara yang majemuk, yang memiliki keragaman suku, ras dan agama.

Presiden Joko Widodo direncanakan meresmikan Masjid Raya KH Hasyim Asyari yang terletak di Jalan Raya Daan Mogot, Jakarta Barat, Sabtu (15/4/2017). TRIBUNNEWS.COM/FERDINAND WASKITA
Presiden Joko Widodo direncanakan meresmikan Masjid Raya KH Hasyim Asyari yang terletak di Jalan Raya Daan Mogot, Jakarta Barat, Sabtu (15/4/2017). TRIBUNNEWS.COM/FERDINAND WASKITA (Tribunnews.com/Ferdinand Waskita)

Sehingga, kata Jokowi, penggunaan nama KH Hasyim Asy’ari sudah sangat tepat karena almarhum yang meletakkan fondasi Islam yang moderat.

"Kita tahu almarhum KH Hasyim Asyari adalah pahlawan nasional yang mencintai republik dengan sepenuh hati. Beliau telah membuktikan kecintaannya terhadap negeri tidak terlunturkan komitmennya dan juga sebagai tokoh ulama pendiri ormas Islam terbesar, NU, KH Hasyim Asy’ari telah meletakkan pondasi agama yang rahmat dan moderat," kata Jokowi.

BERITA REKOMENDASI
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas