Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tempat Pembuangan Sampah di Tangerang Disulap Jadi Bukit Savana

Area pembuangan sampah yang identik dengan bau tak sedap dan jorok tersebut akan disulap menjadi padang rumput yang dipenuhi oleh semak - semak.

Editor: Fajar Anjungroso
zoom-in Tempat Pembuangan Sampah di Tangerang Disulap Jadi Bukit Savana
Warta Kota
Bekas tumpukan sampah ditumbuhi rerumputan. 

TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG - Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Rawa Kucing, Tangerang diproyeksikan menjadi hamparan bukit savana.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Kasubag Tata Usaha TPA Rawa Kucing, Masan.

Area pembuangan sampah yang identik dengan bau tak sedap dan jorok tersebut akan disulap menjadi padang rumput yang dipenuhi oleh semak - semak.

Di sekeliling gundukan sampah - sampah tersebut juga nantinya ditanami beberapa jenis pohon.

Sistem biotik seperti ini agar tampak rimbun dan rindang. Suasana asri dan angin semilir pun terasa sejuk di TPA Rawa Kucing.

"Kami buat inovasi baru di lokasi ini. TPA dibentuk menjadi padang savana sehingga tempat pembuangan sampah ini menjadi ramah lingkungan," ujar Masan kepada Warta Kota di TPA Rawa Kucing pada Rabu (7/6/2017).

Ia menjelaskan bukit savana yang akan diterapkan di TPA ini berdiri di atas lahan 1.200 meter. Dengan ketinggian mencapai 15 meter.

BERITA TERKAIT

"Seluruh permukaan bukit ditanami rerumputan. Sedangkan pada sepanjang jalur akan ditanam berbagai jenis tumbuhan. Ada yang berbuah atau pun tidak," ucapnya.

Bahkan menurut Masan nantinya tempat pembuangan sampah ini dapat dijadikan destinasi wisata. Terlebih jika sudah dipersolek menjadi bukit savana.

"Dalam waktu dekat saya mengundang Wali Kota untuk ke sini. Mau meminta pendapatnya mengenai proyeksi ini dan dijadikan lokasi wisata," kata Masan.

Sumber: Warta Kota
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas