Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Malam Ini Polda Metro Jaya Minta Warga Tidak Takbir Keliling di Jalan

Sejumlah titik di wilayah DKI Jakarta akan dijaga oleh petugas gabungan baik unsur TNI, Polri maupun Pemprov DKI untuk menertibkan pengamanan

Penulis: Abdul Qodir
Editor: Fajar Anjungroso

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sudah menjadi tradisi di Indonesia, warga melakukan takbir keliling pada malam takbir untuk menyambut dengan suka cita datangnya Hari Raya Idul Fitri.

Namun, malam ini warga ibukota khususnya diimbau untuk tidak melakukan takbir keliling di jalan karena sejumlah pertimbangan potensi gangguan kamtibmas.

Demikian disampaikan Wakapolda Metro Jaya, Brigjen Suntana, saat membacakan amanah Kapolda Metro Jaya Irjen M Iriawan dalam apel persiapan pengamanan Malam Takbiran di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu (24/6/2017).

"Kami menghimbau agar warga bisa tertib. Malam takbiran bisa dilakukan di mesjid-mesjid," ujar Brigjen Suntana pada apel kesiapan pengamanan malam takbir di Polda Metro hari ini (24/6) di Jakarta.

Sejumlah titik di wilayah DKI Jakarta akan dijaga oleh petugas gabungan baik unsur TNI, Polri maupun Pemprov DKI untuk menertibkan pengamanan malam takbiran.

"Polda Metro Jaya telah membuat imbauan kamtibmas agar warga tidak melaksanakan takbir keliling. Saya ulangi, imbauan kamtibmas agar tidak melaksanakan takbir keliling," tegas Suntana di hadapan 954 personel peserta apel pengamanan.

Suntana menjelaskan, imbauan tersebut dikeluarkan karena kegiatan takbir keliling di jalan bisa berpotensi kerawanan yang cukup tinggi dan berdampak adanya gangguan kamtibmas. Di antaranya, kemacetan, pelanggaran, kecelakaan hingga gesekan atau tawuran warga.

BERITA REKOMENDASI

"Beberapa potensi kerawanan yang harus kita antisipasi, konvoi roda 2 dan 4 yang bisa menimbulkan dampak pelanggaran dan kemacetan lalu lintas," kata Suntana.

"Potensi kerawanan lainnya adalah penggunaan petasan dan kembang api. Selain Bisa membahayakan diri saendiri dan orang lain, juga bisa kebakaran dan terjadi tawuran antar warga," sambungnya.

Suntana menambahkan, ada 954 personel kepolosian yang disiapkan untuk pengamanan Malam Takbiran di ibukota. Mereka terdiri dari unsur kepolisian, TNI dan satuan petugas Pemprov DKI Jakarta.

Namun, ada hampir 3 ribu personel yang akan diterjunkan dalam realisasi pengamanan di lapangan untuk Malam Takbiran kali ini.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas