Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Ahli IT Ditikam

Beredar Foto Dua Penikam Hermansyah Dijamu Kapolda, Ini Tanggapan Pengamat

Di meja di mana kedua pelaku duduk, yakni Edwin Hitipeuw (37) dan Lauren Palyama (31), terlihat suguhan teh dan makanan kecil.

Beredar Foto Dua Penikam Hermansyah Dijamu Kapolda, Ini Tanggapan Pengamat
WARTA KOTA/BUDI SAM LAUW
Foto jamuan Kapolda Irjen Pol Mochamad Iriawan dengan dua terduga pelaku pengeroyok Hermansyah yang viral di media sosial. 

TRIBUNNEWS.COM, DEPOK - Beberapa jam setelah polisi berhasil menangkap dua pengeroyok dan penganiaya Hermansyah (46) ahli IT ITB, kini beredar luas, foto kedua pelaku yang duduk satu meja dengan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Iriawan.

Dalam foto itu tampak pula bersama mereka, Kapolres Jakarta Timur Kombes Andry Wibowo dan Kapolresta Depok Kombes Herry Heryawan, serta lainnya.

Di meja di mana kedua pelaku duduk, yakni Edwin Hitipeuw (37) dan Lauren Palyama (31), terlihat suguhan teh dan makanan kecil.

Foto ini sempat mengundang tanda tanya sebagian masyarakat tentang perlakuan berbeda yang didapat terdyga pelaku penganiaya Hermansyah, dan pelaku tindak kriminal lainnya.

Foto tersebut kemudian menjadi viral di media sosial.

Menanggapi hal tersebuti, pakar psikologi forensik Reza Indragiri Amriel mengatakan, polisi layak diacungi jempol karena sudah bekerja efektif dan efisien dengan membekuk pelaku, tiga hari setelah kejadian.

"Tapi kini malah geger lagi, gara-gara foto polisi duduk bareng para terduga," kata Reza kepada Warta Kota Rabu (12/7/2017) malam.

Reza mengaku tidak tahu apa yang diperbincangkan mereka yang terlihat di foto tersebut.

"Tapi sahlah bahwa efektivitas dan efisiensi saja tidak cukup. Polisi kudu jaga equality. Itu terukur dari seberapa jauh polisi bekerja tidak tebang pilih, tidak pilih kasih, serta selaras dengan sensitivitas yang sedang berkembang di masyarakat," papar Reza.

Menurut Reza, foto yang beredar itu membuka celah bagi tafsiran apa pun.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Choirul Arifin
Sumber: Warta Kota
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas