Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Sandiaga Diingatkan Mantan Gubernur DKI Ini agar Tunduk pada Pemerintah Pusat

Dalam kunjungannya ini, Sandiaga sekaligus meminta kesediaan Soeriadi untuk bergabung dalam Forum Gubernur DKI.

Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Sandiaga Diingatkan Mantan Gubernur DKI Ini agar Tunduk pada Pemerintah Pusat
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih, Sandiaga Salahudin Uno sebelum menjalani pemeriksaan di kantor KPK, Jakarta, Jumat (14/7/2017). Sandiaga Uno diperiksa sebagai saksi sebagai Komisaris PT Duta Graha Indah yang kini berubah nama menjadi PT Nusa Konstruksi Engineering terkait kasus dugaan korupsi pembangunan RS Udayana. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG - Wakil Gubernur terpilih DKI Jakarta Sandiaga Uno menjenguk mantan Gubernur DKI Jakarta Soerjadi Soedirdja yang sedang dirawat di RS Siloam Lippo Karawaci karena sakit infeksi prostat, Sabtu (22/7/2017).

Dalam kunjungannya ini, Sandiaga sekaligus meminta kesediaan Soeriadi untuk bergabung dalam Forum Gubernur DKI.

"Kan mau ada Forum Gubernur, tadi berbincang dengan beliau tentang DKI juga," kata Sandiaga di RS Siloam.




Dalam bincang-bincang itu, Sandiaga juga diberitahu oleh Soeriadi bahwa Pemprov DKI Jakarta harus tunduk pada Pemerintah Pusat sesuai hierarki.

Sandiaga sempat ditanya oleh Soeriadi apakah Pemprov DKI masih sering menerima penghargaan dari Pemerintah Pusat. Sebab, pada 1992-1997, DKI di bawah kepemimpinan Soeriadi menerima penghargaan 'Samya Krida Tata Tenteram Karta Raharja' atas tata kelola aparatur pemerintahan yang baik.

"Dia tanya ke saya masih ada enggak tuh dari pemerintah penghargaannya? Dan kalau sudah tidak ada, dia menginginkan kita terus berkomitmen untuk melakukan pembangunan yang baik," kata Sandiaga.

Baca: Anies-Sandi Dijadwalkan Hadiri Pengajian Umum Majelis Dzikir

BERITA TERKAIT

Menurut Sandiaga, Soeriadi yang berlatar belakang militer dan sempat menjabat Pangdam Jaya ini memiliki ketegasan dalam memerintah. Kendati demikian, Soeriadi dianggap masih bisa menciptakan lingkungan kerja yang baik.

"Memang waktu zaman beliau, dia cerita tantangannya reformasi dari segi keterbukaan, transparansi, interaksi dengan media itu tidak seperti sekarang. Jadi lebih mudah untuk membuat kebijakan. Tapi sekarang ini semua harus diperhitungkan," kata Sandiaga.

Sandiaga mengatakan banyak yang bisa ditiru dari kepemimpinan Soeriadi. Prinsipnya, memerintah untuk melayani.

"Tujuannya kan adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat dan membangun kota Jakarta. Jadi itu yang diharapkan," ujarnya.

Penulis: Nibras Nada Nailufar
Berita ini tayang di Kompas.com dengan judul: Sandiaga Diingatkan Mantan Gubernur DKI Ini agar Tunduk pada Pemerintah Pusat

Sumber: Kompas.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas