Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jadwal Pemotongan Hewan Kurban di Masjid Istiqlal Dipercepat

Pada tahun lalu pemotongan berlangsung setelah shalat Isya dan berlangsung hingga larut malam. Pendistribusiannya pun pada di tengah malam.

Editor: Fajar Anjungroso
zoom-in Jadwal Pemotongan Hewan Kurban di Masjid Istiqlal Dipercepat
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Warga mengambil pendistribusian daging kurban di Masjid Cut Meutia, Jakarta, Senin (12/9/2016). Seluruh umat muslim merayakan hari raya Idul Adha dengan ditandai pemotongan hewan kurban kemudian dibagikan kepada masyakat yang berhak. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang dilakukan pada malam hari, pemotonganhewan kurban di Masjid Istiqlal tahun ini akan berlangsung sejak sore hari.

"Untuk tahun ini insyallah kami (Masjid Istiqlal) mulai pada hari H habis Shalat Ashar, jadi malam sudah bisa di distribusikan," kata Abu Hurairah, Humas Masjid Istiqlal, Rabu (23/8/2017).

Ia mengungkapkan, pada tahun lalu pemotongan berlangsung setelah shalat Isya dan berlangsung hingga larut malam. Pendistribusiannya pun pada di tengah malam.

"Kalau dulu-dulu abis Isya, kami majukan biar daging itu lebih bagus lagi, lebih fresh. Dibagikan langsung, jam 9, jam 10 malam sudah bisa langsung di distribusikan," jelasnya.

Pembagian daging sendiri akan sama seperti tahun lalu dengan cara mendistribusikan ke masjid-majid atau mushola di sekitaran Istiqlal.

"Sama persis seperti tahun lalu, Istiqlal yang mengantar ke masyarakat, di prioritaskan yang paling dekat tinggalnya dengan Istiqlal terlebih dahulu," ujar Abu.

Untuk itu dirinya menghimbau warga atau masyarakat tidak perlu repot-repot untuk datang mengambil daging ke Masjid Istiqlal karena pembagian secara distribusi.

BERITA TERKAIT

"Diantar, kami yang mengantar, warga tidak perlu ke sini jadi panitia yang mengantar sampai ke mereka. Kami prioritaskan yang dekat istiqlal, kalau ada lebihnya baru daerah yang lain," ungkapnya.

Sampai saat ini, Abu belum bisa memastikan berapa jumlah hewan kurban yang ada di Istiqlal nantinya. Tahun lalu ada sapi 42 ekor dan Puluhan ekor kambing.

"Belum tahun ada berapa, nanti paling kami menerima berupa hewan H-3, kalau uang sudah ada beberapa yang ngasih duitnya. Tahun kemarin kami dapat 6.000 kantong, dibagikan ke masjid, mushola, setelah mereka memberikan data-data warganya ke kami," jelasnya. 

Sumber: Warta Kota
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas