Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Biawak Nyemplung di Sumur, Warga Cimanggis, Depok, Heboh

Laporan diterima dari Jepri, warga Jalan Pedurenan Depok, RT 5, RW 1, Kelurahan Cisalak Pasar, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, Senin (28/8/2017) pagi

Editor: Choirul Arifin
zoom-in Biawak Nyemplung di Sumur, Warga Cimanggis, Depok, Heboh
WARTA KOTA/BUDI SAM LAUW
Evakuasi biawak yang nyemplung di sumur warga di Pedurenan Depok, RT 5, RW 1, Kelurahan Cisalak Pasar, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, Senin (28/8/2017) pagi. 

TRIBUNNEWS.COM, DEPOK - Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok tidak hanya menangani kasus kebakaran dan bencana alam saja, tapi juga membantu mengatasi keresahan warga terkait gangguan binatang atau hama.

Seperti yang terjadi pada Senin (28/8/2017) lalu, Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok menerima laporan warga Cimanggis yang resah karena adanya biawak yang masuk dan terjebak di dalam sumur rumah warga sedalam 17 meter.

Laporan diterima dari Jepri, warga Jalan Pedurenan Depok, RT 5, RW 1, Kelurahan Cisalak Pasar, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, Senin (28/8/2017) pagi.

"Ia melaporkan ada binatang Biawak masuk kedalam sumur," kata Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok Yayan Aryanto, Selasa (29/8/2017).

Karena laporan ini kata Yayan, pihaknya mengirim 12 personel rescue yang terlatih dalam penyelamatan dengan panjat memanjat serta mampu mengatasi binatang buas.

Baca: Saat Situasi Genting, Berinvestasilah di Emas: Seperti Ini Penjelasannya

"Kami kirim 12 personel terlatih, berikut peralatan yang memadai," kata Yayan.

BERITA TERKAIT

Ia mengatakan petugas butuh waktu cukup lama untuk dapat mengeluarkan biawak dari sumur sedalam 17 meter tersebut.

Baca: Kronologi Penangkapan Wali Kota Tegal Siti Masitha Soeparno oleh KPK

"Kami butuh waktu 4 jam lebih untuk evakuasi biawak dari sumur yang cukup dalam. Mulai dari pukul 09.40 sampai pukul 14.00," kata Yayan.

Menurutnya masuknya biawak ke dalam sumur membuat warga penghuni rumah yakni keluarga Jepri, resah dan takut.

"Karenanya melapor dan meminta bantuan kami. Akhirnya biawak berhasil kami evakuasi," kata Yayan.

Beberapa pekan sebelumnya, kata Yayan, pihaknya juga menerima permintaan bantuan dari warga, karena ada anak kucing peliharaan mereka, yang terjebak dan terjepit di pipa saluran pembuangan air.

"Petugas kami juga berhasil menyelamatkan anak kucing yang sudah terjepit dan terjebak di pipa air warga itu selama berjam-jam, tanpa terluka sedikitpun," kata Yayan.

Menurut Yayan, saat ini dari sekitar 240 personel Dinas Damkar dan Penyelamatan Depok, mereka dituntut mampu melakukan pertolongan dan bentuk bantuan lainnya ke warga selain mengatasi dan memadamkan kebakaran.

Penulis: Budi Sam Law Malau

Sumber: Warta Kota
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas