Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Trotoar di Jalan Thamrin-Sudirman Akan Dilebarkan dan Ditanami Banyak Pohon Lebat

Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengatakan trotoar yang akan dibangun dan dilebarkan nantinya akan ditanami banyak pohon.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Trotoar di Jalan Thamrin-Sudirman Akan Dilebarkan dan Ditanami Banyak Pohon Lebat
Tribunnews.com/Fitri Wulandari
Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat saat menggowes sepeda di kawasan Silang Barat Daya Monas, Jakarta Pusat, Minggu (8/10/2017), dalam momen Car Free Day. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Usai mencanangkan dan mensosialisasikan penataan trotoar di kawasan Thamrin-Sudirman, Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengatakan trotoar yang akan dibangun dan dilebarkan nantinya akan ditanami banyak pohon.

Hal tersebut agar para pejalan kaki bisa menikmati suasana rindang saat melewati jalur pedestrian di sepanjang Jalan MH Thamrin hingga Jalan Jenderal Sudirman.

"Trotoar kita harus rindang, maka di sepanjang trotoar ini sekarang akan lebih banyak jumlah pohon yang nanti akan kita nikmati bersama," ujar Djarot saat ditemui di Kawasan Car Free Day, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (8/10/2017).

Mantan Wali Kota Blitar itu pun menyebut nantinya setelah direvitalisasi, jumlah pohon yang terdapat pada kawasan tersebut akan bertambah, yakni dari 1670 menjadi 1950 pohon.

"Sekarang ada 1670 pohon, setelah kita revitalisasi, akan ada 1950 pohon," jelas Djarot.

Baca: Gerakan #TrotoarKita, Upaya Pemprov DKI Jakarta Kembalikan Hak Pejalan Kaki

Oleh karena itu Djarot menegaskan bahwa tudingan Pemerintah Provinsi DKI akan memangkas pohon-pohon tersebut merupakan hal yang tidak benar.

BERITA TERKAIT

"Jadi tidak benar kalau penataan trotoar kita akan memotong pohon-pohon itu," tegas Djarot.

Ia kemudian memaparkan, pohon yang akan dipindah pada saat revitalisasi merupakan pohon yang berada di garis pembatas antara jalur cepat dan jalur lambat.

"Pohon yang akan kita pindah adalah yang ada di garis pembatas jalur lambat dan cepat," kata Djarot.

Lebih lanjut politisi PDI Perjuangan tersebut menambahkan, tidak ada pohon yang ditebang di trotoar kawasan itu, kecuali pohon yang kondisinya sudah tidak layak.

"Yang sudah ada di trotoar, tidak akan kita tebang, kecuali sakit," papar Djarot.

Terkait jenis pohon yang akan ditambah dalam penanaman pohon di jalur pedestrian itu, Djarot pun menyebutkan sejumlah pohon.

Mulai dari pohon Mahoni, hingga pohon Sawo Kecik.

"Kita akan tambah Mahoni, Trembesi, Sawo kecik," pungkas Djarot.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas