Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Siap Penuhi Janji Kampanye, Anies Bakal Tutup Hotel Alexis

Salah satu janji yang akan dipenuhi Anies yaitu, menutup Hotel Alexis di Jakarta Utara. Janji tersebut pernah disinggungnya dalam debat kandidat

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Sanusi
zoom-in Siap Penuhi Janji Kampanye, Anies Bakal Tutup Hotel Alexis
Warta Kota/Alex Suban
Inilah Hotel Alexis di Jalan RE Martadinata No 1, Ancol, Jakarta Utara, Rabu (24/2/2016). Nama hotel ini ramai diperbincangkan setelah kawasan Kalijodo ditertibkan. (Warta Kota/alex suban) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anies Baswedan-Sandiaga Uno akan dilantik sebagai gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta pada Senin (16/10/2017).

Anies bertekad menunaikan semua janjinya semasa kampanye dalam lima tahun kepemimpinannya.

"Pesan ini kami terima sejak kampanye. Niat kita menunaikan sebaik-baiknya," kata Anies usai doa bersama DPW PKS, di Cempaka Putih, Jakarta, Minggu (16/10/2017).

Salah satu janji yang akan dipenuhi Anies yaitu, menutup Hotel Alexis di Jakarta Utara. Janji tersebut pernah disinggungnya dalam debat kandidat beberapa waktu lalu.

Baca: Cari Rongsokan di Belakang Asrama POM, Pemulung Temukan Pistol FN

Anies akan menutup hotel tersebut apabila terbukti melanggar peraturan daerah mengenai ketertiban umum, salah satunya larangan prostitusi.

"Semua rencana akan kita jalankan. Semua janji akan kita tunaikan‎," katanya.

BERITA TERKAIT

Anies belum mau berkomentar ketika ditanya program apa saja yang akan dia laksanakan di awal masa pemerintahan. Anies baru mengatakan program prioritas setelah dilantik sebagai gubernur.

"Kami hari ini konsentrasi pelantikan. Sesudah itu akan kami sampaikan program-program kita mulai 17 Oktober, termasuk rencana-rencananya. Semua sudah disiapkan. Langsung saja tanggal 17. Jangan disampaikan sekarang," pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Anies Baswedan pertama kali menyuarakan niatnya untuk menutup hotel Alexis di Jakarta Utara pada debat publik yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta, 13 Januari 2017 lalu.

Saat itu, Anies menyinggung calon gubernur pesaingnya, Basuki Tjahaja Purnama, yang dianggap lebih tegas menggusur warga ketimbang menindak prostitusi.

"Untuk urusan penggusuran tegas, tetapi urusan prostitusi Alexis lemah. Prostitusi kelas tinggi aturannya a, b, c, enggak bisa bertindak. Di mana pegangan nilainya?" tanya Anies kepada Basuki atau Ahok, kala itu.

Sehari setelah debat publik, Anies kembali mempertegas niatnya untuk menutup hotel Alexis sebagai bentuk menindak tegas prostitusi. Anies menjanjikan untuk mewujudkan rencananya itu jika memenangkan Pilkada DKI Jakarta 2017.

"Ya, ya (ditutup). Saya sampaikan kita sudah kerja susah-susah, narkoba dibiarkan begitu saja. Rusak semuanya. Karena itu, kita serius kemarin," ujar Anies saat ditemui pewarta pada 14 Januari 2017.

Secara garis besar, Anies mengkritik kebijakan di bawah pemerintahan Ahok yang dinilai lebih tegas terhadap warga kelas menengah ke bawah, seperti soal bangunan liar dan penggusuran, ketimbang warga kelas menengah ke atas. Belakangan, Wakil Gubernur terpilih DKI Jakarta Sandiaga Uno juga menunjukkan sikap serupa, yakni akan menutup hotel Alexis.

"Itu pasti (menutup hotel Alexis) harus dilakukan. Buat kami, sesuatu yang sudah terucap akan diukur dengan aksi nyata," tutur Sandi di Kemang, Jakarta Selatan, pada 19 April 2017.

Ucapan Anies maupun Sandi soal menutup hotel Alexis tetap sama meski pewarta kembali menanyakan hal tersebut ketika keduanya sudah memenangkan Pilkada dan jelang menjabat di Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas