Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Gubernur Baru Jakarta

Ini Pendapat Rektor Universitas Ibnu Chaldun atas Pidato Gubernur Anies Baswedan

Rektor Universitas Ibnu Chaldun, Musni Umar mengapresiasi pidato inagurasi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Ini Pendapat Rektor Universitas Ibnu Chaldun atas Pidato Gubernur Anies Baswedan
Warta Kota/henry lopulalan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan arahan kepada pejabat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di Balai Kota, Jakarta, Selasa (17/10/2017). Kegiatan pada hari pertama resmi menjadi gubenur tersebut merupakan bagian dari perkenalan dengan birokrat di lingkungan Pemprov DKI Jakarta. Warta Kota/henry lopulalan 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Rektor Universitas Ibnu Chaldun, Musni Umar mengapresiasi pidato inagurasi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Menurutnya, pernyataan Anies mengenai pribumi 'saatnya menjadi tuan di negeri sendiri' sejatinya patut diberi apresiasi.

"Karena yang dikemukakan merupakan fakta sosiologis yang tidak terbantahkan, bahwa kelompok mayoritas dari bangsa Indonesia semakin lama semakin termarjinalisasi dalam ekonomi," kata Musni Umar dalam keterangan pers yang diterima, Kamis (19/10/2017).

Dirinya menjelaskan, mereka yang memperjuangkan terwujudnya keadilan bagi kelompok mayoritas yang termarjinalisai, tidak boleh dianggap mau memecah belah bangsa dan negara, apalagi menuduh rasialis.

"Justru mereka ingin bangsa ini tetap kukuh dalam pesatuan dan kesatuan, karena jika dibiarkan ketidakadilan merajalela bisa membahayakan keselamatan bangsa dan NKRI, katanya.

Lebih lanjut dirinya menilai, isu pribumi yang dikemukakan Anies Baswedan yang sejak Orde Baru ditabukan untuk diperbincangkan ke publik karena dianggap SARA.

"Baik untuk bangsa ini karena menutupi ketidakadilan ekonomi yang sejak zaman penjajahan telah terjadi, merugikan bangsa dan NKRI karena cepat atau lambat akan lahir perlawanan dari rakyat," kata Musni.

Musni Umar mengaku yakin dan percaya yang dikemukakan Anies Baswedan, tentang pribumi adalah jalan terbaik untuk menyadarkan seluruh bangsa Indonesia supaya keadilan ekonomi ditegakkan bagi seluruh rakyat Indonesia sesuai sila kelima dari Pancasila.

"Kami menyadari, dalam demokrasi pasti ada yang tidak setuju dengan pernyataan Gubernur DKI Jakarta tersebut, tetapi kami para akademisi Universitas Ibnu Chaldun, Selasa (17/10/2017) mengadakan rapat, sepakat mendukung pernyataan Gubernur DKI Jakarta dan berharap diwujudkan di DKI Jakarta," katanya.

Diberitakan sebelumnya, Anies Baswedan dalam pidato politik pertamanya sebagai Gubernur DKI Jakarta mengatakan bahwa Jakarta merupakan satu dari beberapa tempat yang merasakan hadirnya penjajahan.

Selama itu, menurutnya rakyat pribumi ditindas.

"Selama berabad-abad lamanya. Rakyat pribumi ditindas dan dikalahkan kolonialisme," kata Anies dalam pidatonya di Balaikota, Senin, (16/10/2017).

Menurut Anies sekarang ini Indonesia telah merdeka. Sehingga, saatnya Rakyat Pribumi menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Penulis: Wahyu Aji
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas