Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Komposer Ananda Sukarlan Keluar saat Anies Pidato, Ini Pernyataan Perhimpunan Alumni Kanisius

Affa juga membantah bahwa selain Ananda, ada ratusan alumnus lain yang walk out saat Anies sedang berpidato.

Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Komposer Ananda Sukarlan Keluar saat Anies Pidato, Ini Pernyataan Perhimpunan Alumni Kanisius
KOMPAS.com/TRI SUSANTO SETIAWAN
Ananda Sukarlan (48) pada peluncuran CD berjudul Love & Variations di The Grand Signature, Plaza Indonesia, Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (19/3/2017). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Perhimpunan Alumni Kolese Kanisius menyayangkan aksi walk out yang dilakukan komposer yang juga alumnus Kanisius, Ananda Sukarlan, saat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berpidato di acara peringatan 90 tahun berdirinya Kolese Kanisius di JIExpo Kemayoran, Sabtu (11/11/2017).

Perwakilan Perhimpunan Alumni Kolese Kanisius, Affa, mengatakan, pihaknya menghormati Ananda yang memiliki perbedaan pandangan terhadap Anies.

Namun, tindakan walk out saat kedatangan Anies tersebut dirasa kurang tepat.




"Sangat disayangkan. Kami sangat menjunjung tinggi hak mengeluarkan pendapat dan demokrasi karena itu pendidikan di Kanisius, tetapi momennya yang kurang tepat," ujar Affa saat ditemui Kompas.com di Kolese Kanisius, Jakarta Pusat, Selasa (14/11/2017).

Affa mengatakan, lazimnya sebagai seorang alumnus Kanisius yang telah mendapatkan nilai-nilai ajaran Kanisius, penghormatan terhadap tamu yang datang wajib dilakukan.

Apalagi, terhadap Anies yang merupakan pemimpin di DKI Jakarta yang telah terpilih secara demokrasi.

Affa menyatakan bahwa tindakan yang dilakukan Ananda tidak mewakili sekolah ataupun alumnus Kanisius lain.

BERITA TERKAIT

Affa juga membantah bahwa selain Ananda, ada ratusan alumnus lain yang walk out saat Anies sedang berpidato.

"Mas Ananda mengeluarkan rilis tidak ada kaitannya apa pun dengan sekolah, angkatannya sendiri, dan perhimpunan alumni. Kalau beliau memiliki kritikan, ya, kami hargai," ujar Affa.

"Saya baca beberapa ratus orang walk out itu tidak benar, ya. Ada tautan video yang menunjukkan tidak ada tindakan masif," ujar Affa.

Ananda Sukarlan walk out saat Anies Baswedan tengah berpidato pada peringatan 90 tahun berdirinya Kolese Kanisius.

Tindakan itu dilakukan Ananda karena menilai sosok Anies yang hadir tidak mencerminkan sikap yang diajarkan Kanisius, khususnya masalah perbedaan.

Ditemui di Balai Kota, Anies Baswedan tidak mempermasalahkan sikap Ananda.

"Jadi, saya akan menyapa semua, mengayomi semua. Kalau kemudian ada reaksi negatif, ya, itu bonus saja buat saya. Enggak ada sesuatu, biasa saja, rileks," ujar Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Senin (13/11/2017).(Kontributor Jakarta, David Oliver Purba)

Artikel ini sebelumnya tayang di Kompas.com dengan judul: Perhimpunan Alumni Kanisius Sayangkan Aksi "Walk Out" Ananda Sukarlan

Sumber: Kompas.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas