Tribun

Warga Pinggiran Waduk Pluit Waswas, Takut Rumahnya Ambruk

Kediaman mereka terpantau nyaris berdiri di pinggir waduk yang luasnya berkisar 80 hektare. Hujan deras berpeluang mengikis tanah.

Editor: Willem Jonata

TRIBUNNEWS.COM - Warga Waduk Pluit RT 16/17, Kelurahan Penjaringan, Jakarta Utara, tak hanya dihantui bencana banjir. Tapi juga Lonsor yang mengancam ambruknya rumah warga. 

Bayangkan, kediaman mereka terpantau nyaris berdiri di pinggir waduk yang luasnya berkisar 80 hektare. Hujan deras berpeluang mengikis tanah.

"Jadi tanahnya kalau musim hujan, di belakang rumah saya ya pak, kalau saya perhatikan rada terkikis," ucap Anisa, warga setempat, Jumat (1/12/2017).

Diakuinya selalu waswas apabila hujan deras turun. Sebab, tepi waduk dekat rumahnya belum dipasang sheetpile atau ditancap tiang beton. 

Namun, ia memprediksi rumahnya juga tetap akan rubuh jika dipasang sheetpile. Di sisi lain, ia menolak jika ditertibkan.

"Ya, mau saya gimana caranya pemerintah atasi pinggiran Waduk Pluit ini, namun tanpa ditertibkan," ujar wanita 50 tahun itu, yang sudah 20 tahun mukim di sekitar waduk.

Pantauan Warta Kota di lokasi hanya sebagian Waduk Pluit saja yang belum di sheetpile oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Di bibir Waduk Pluit, pemukiman warga yang juga berdekatan dengan Polsek Penjaringan ini pun nampak berdiri tegak, serta belum ditertibkan.

Kediaman warga pada bagian belakang rumah masing-masing diperkuat oleh puluhan batang kayu yang tebal.

Sebagian di antaranya, bagian belakang rumah difungsikan guna memelihara berbagai unggas, menjemur pakaian, mencuci pakaian dan piring, dan dibangun kamar mandi serta areal parkir kendaraan.

Jarak bibir Waduk Pluit dengan kediaman para warga di RT 16/17 ini, juga berkisar lima-enam meter. Bahkan, ada yang jaraknya hanya capai satu dua meteran.

Tidak hanya itu, kondisi pada bibir Waduk Pluit ini pun tanahnya gembur dan berlumpur. Kalau diinjak, tanah nampak lembek hingga injakkan kaki pun tenggelam.

"Ada rasa ngeri juga, kalau di tanahnya longsor meluber ke Waduk Pluit. Rumah saya, bisa terseret juga. Ya semoga saja tidak terjadi di sini lah," terang Fathan (45), warga lainnya.(*)

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas