Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Animo Warga Tinggi, Transjakarta Tambah Armada Tanah Abang Explorer Menjadi 15 Bus

Transjakarta menambah jumlah armada yang sebelumya hanya 10 bus menjadi 15 bus. Armada ini beroperasi mulai pukul 08.00 WIB hingga 18.00 WIB.

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Animo Warga Tinggi, Transjakarta Tambah Armada Tanah Abang Explorer Menjadi 15 Bus
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Bus Transjakarta Tanah Abang Explorer menunggu penumpang di depan Stasiun Tanah Abang, Jakarta, Jumat (22/12/2017). Pemprov DKI menyiapkan bus TransJakarta Tanah Abang Explorer akibat rekayasa lalu lintas atas penataan Tanah Abang, bus tersebut beroperasi mengelilingi Kawasan Tanah Abang dengan berhenti di Halte Stasiun Tanah Abang, Halte Blok G, Halte Blok B, Halte Auri, Halte Blok E dan Halte Flyover Jatibaru. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Utama PT Transjakarta Budi Kaliwono membantah kehadiran bus Tanah Abang Explorer mengambil alih penumpang angkutan umum seperti angkot, bus dan mikrolet yang biasa mencari oenumpang di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Budi menjelaskan, bus Tanah Abang Explorer merupakan armada yang disediakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan sama sekali tidak memungut biaya ke penumpang.

"Kami tidak tampil sebagai Transjakarta, tapi sebagai armada Pemprov makanya kami berani bikin gratis. Bukan untuk ambil rezeki angkot," ujar Budi Kaliwono di acara FGD Penataan Lalu Lintas dan Kawasan St. Tanah Abang, di Hotel Milenium, Jakarta Pusat, Kamis (4/1/2018).

Bahkan menurut Budi Kaliwono, bus Tanah Abang Explorer membantu para pengemudi angkutan umum mendapatkan penumpang karena para pengemudi tinggal menunggu atau mengantar penumpang di titik-titik penurunan atau keberangkatan penumpang.

"Bus akan meneruskan penumpang dengan angkot, kami bersama dengan pengusaha angkot dan mikrolet," ucap Budi Kaliwono.

Dirut PT Transjakarta itu menyebutkan, sejak dioperasikan mulai 22 Desember 2017 lalu, penumpang 'Tanah Abang Explorer' terus meningkat.

Direktur Utama PT Transjakarta Budi Kaliwono
Direktur Utama PT Transjakarta Budi Kaliwono (paling kanan)
BERITA TERKAIT

Budi menyebut, hingga Kamis (4/1/2017) per harinya bus yang di dominasi warna orange dan putih itu membawa kurang lebih 12 ribu penumpang.

Sebagian besar penumpang tersebut diperkirakan menggunakan angkutan umum untuk mengakses 'Tanah Abang Explorer'.

Baca: Ini Warna Mio S Pilihan Favorit Milenial Kota Bandung

Baca: Pilihan Warna Baru di Skutik Honda BeAT eSP dan Honda BeAT Street eSP

"Jadi seperti kami saat ini, jadi feeder (pengumpan) yang mengantarkan penumpang menuju angkot dan mikrolet," ungkap Budi Kaliwono.

Melihat tingginya animo masyarakat, Transjakarta menambah jumlah armada yang sebelumya hanya 10 bus menjadi 15 bus. Armada ini beroperasi mulai pukul 08.00 WIB hingga 18.00 WIB.

Tiap bus mampu menampung 41 penumpang duduk dan 27 penumpang berdiri.

Rute yang dilewati adalah Halte Stasiun Tanah Abang-Halte Blok G-Halte Blok B-Halte Auri-Halte Blok E-Halte Flyover Jatibaru dan kembali ke Stasiun Tanah Abang.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas