Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pemprov DKI Bakal Tanggung Bunga Cicilan Hunian DP 0 Rupiah, Ini Kata Pengamat

Pemprov DKI memastikan bakal menanggung suku bunga cicilan program hunian DP 0 Rupiah Anies-Sandi.

Editor: Sanusi
zoom-in Pemprov DKI Bakal Tanggung Bunga Cicilan Hunian DP 0 Rupiah, Ini Kata Pengamat
Tribunnews.com/ Rina Ayu
Kantor Klapa Village masih terkunci saat dikunjungi warga yang ingin mencari informasi rumah susun DP 0 rupiah, di Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Jumat (19/1/2018). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemprov DKI memastikan bakal menanggung suku bunga cicilan program hunian DP 0 Rupiah Anies-Sandi.

"Bunga dibantu Pemprov," ujar Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Rakyat Agustino Dermawan, ketika dihubungi Warta Kota, Jumat (19/1/2018).

Dipaparkan, nantinya setiap pembeli hunian DP 0 Rupiah bakal diperlakukan sama terkait pembayaran bunga cicilan, sehingga pembeli hanya perlu membayar cicilan pokoknya saja.

Pengamat kebijakan publik dari Universitas Trisakti, Trubus Rahadianysah, mengatakan seharusnya Anies-Sandi membuat Pergub dan Perda sebagai payung hukumnya.

Apabila tak ada Pergub dan Perdanya, Trubus tak yakin kebijakan itu akan terus berjalan setelah gubernur dan wagub berganti.

Padahal cicilan DP hunian 0 rupiah itu bakal terus berjalan selama 25 tahun.

"Kebijakan ini nampaknya hanya sekadar pencitraan untuk memenuhi janji politik. Dan dilakukan tanpa perencanaan, formulasi yang matang, serta cenderung dipaksakan," ujar Trubus.

BERITA REKOMENDASI

Akibatnya, kata Trubus, nanti masyarakat juga akan dirugikan. Apalagi masa Jabatan Gubernur hanya 5 tahun.

"Apakah ketika gubernur berganti menjamin tidak akan mengganti kebijakan tersebut. Sudah menjadi rahasia umum, ketika pejabat berganti maka kebijakan juga akan berganti," tandas Trubus.

Berita Ini Sudah Dipublikasikan di Wartakota, dengan judul: Pemprov DKI Tanggung Bunga Cicilan Hunian DP Rp 0, Pengamat: Yakin Bisa?

Sumber: Warta Kota
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas