Tribun

Flyover Cipinang Lontar Diujicoba, Kemacetan Berkurang Hingga 40 Persen

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melakukan uji coba pengoperasian flyover Cipinang Lontar di Jakarta Timur, Selasa (27/2/2018)

Editor: Nurmulia Rekso Purnomo

TRIBUN-VIDEO.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melakukan uji coba pengoperasian flyover Cipinang Lontar di Jakarta Timur, Selasa (27/2/2018).

Dari pantauan Kompas.com di lokasi, sekitar pukul 09.00 WIB, flyover tersebut resmi dibuka untuk diuji coba. Awalnya, sejumlah pengendara roda empat dan roda dua masih tampak ragu-ragu untuk melintasinya.

Bahkan, terlihat ada sebagian pengendara sepeda motor yang sebelumnya telah mengambil jalur sebelah kiri menuju arah Pulogebang, tiba-tiba mengubah arah kendaraannya ke sisi kanan hendak menaiki trotoar. Manuver seperti itu hampir saja menyebabkan kecelakaan.

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Yusmada mengatakan, uji coba akan berlangsung selama tiga hari hingga sepekan sebelum akhirnya dilakukan evaluasi. Selama uji coba, Pemprov DKI Jakarta akan berkoordinasi dengan PT KAI untuk menutup perlintasan kereta api di kawasan Cipinang yang menjadi penyebab kemacetan di kawasan tersebut.

"Kami akan evaluasi perilaku dan pengkondisian dari para pengendara dengan infrastruktur yang baru. Ketika diuji coba, perlintasan kereta api akan kami permanenkan ditutup. Jadi semua mulai hari ini akan lewat dua arah baik dari Jatinegara-Ramangun maupun sebaliknya," kata Yusmada di lokasi.

Baca: Ponpes di Kalimantan Selatan Disambangi Drone Tiga Hari Berturut-Turut

Baca: Setidaknya 1.200 Ekor Anjing Dipotong Setiap Hari di Kota Solo

Kepala Seksi Lalu Lintas Suku Dinas Perhubungan Jakarta Timur Andreas Eman mengatakan, dengan adanya flyover tersebut diperkirakan kemacetan di kawasan Cipinang akan berkurang hingga 40 persen.

"Ini sudah kelihatan longgar, saya prediksi sekitar 40 persen (kemacetan berkurang). Dulu ada crossing di Cipinang Jaya, tapi sekarang harus memutar di Imigrasi jadi sekarang kelihatan sudah ngalir. Jadi enggak ada jeda waktu tunggu," ujar Eman.

Setelah menyelesaikan flyover Cipinang Lontar, Pemprov DKI sedang menyelesaikan proyek pembangunan lainnya yaitu, flyover Bintaro Permai, underpass Mampang, flyover Pancoran, dan underpass Matraman.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Flyover Cipinang Lontar Dibuka, Kemacetan Diharap Bisa Berkurang"

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas