Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Aksi Vandalisme di Dinding Underpass Matraman yang Belum Genap Sebulan

"Ya pastinya membuat kesan jelek lah, ibaratnya rumah bagus di coret-coret jadi gak keliatan bagus lagi," kata Isro

Editor: Imanuel Nicolas Manafe
zoom-in Aksi Vandalisme di Dinding Underpass Matraman yang Belum Genap Sebulan
Warta Kota/Joko Supriyanto
Coretan di dinding Underpass Matraman 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Belum genap satu bulan pasca dibukanya Underpass Matraman untuk umum, kini keindahan underpass tersebut tercoreng dengan adanya aksi vandalisme.

Anak-anak alay mulai membuat coretan tak jelas di underpass bercabang pertama di Indonesia itu. 

Baca: Warga di Ciracas Geger Akibat Kemunculan Ular Kobra di Dalam Rak Sepatu

Bahkan akibat aksi vandalisme tersebut, tembok-tembok underpass matraman yang mengusung tema batik sudah tak elok lagi dipandang.

Tangan-tangan jahil yang mengotori dinding-dinding tembok Underpass Matraman ini, sebenarnya sudah terjadi beberapa kali. Bahkan upaya penghapusan sudah dilakukan, namun tak berselang lama, justru bermunculan kembali coretan baru yang jauh lebih banyak.

Salah seorang pengendara, Isro (44) mengakui adanya aksi vandalisme ini membuat sisi keindahan underpass hilang. Untuk itu dirinya mengaku pihak-pihat terkait bisa langsung melakukan pengecatan ulang.

"Ya pastinya membuat kesan jelek lah, ibaratnya rumah bagus di coret-coret jadi gak keliatan bagus lagi," kata Isro, Jumat (4/5/2018).

BERITA REKOMENDASI

Dikatakan Isro mengatasi aksi vandalisme memang sulit, dimana para pelaku tidak dapat terdeteksi, selain melakukan pada malam hari, biasanya niat mereka mencoret spontanitas dan tidak terencana.

"Kalo perilaku seperti ini kan memang susah dicari siapa pelakunya, karena gak ada yang tahu, dan pasti kebanyakan malam hari. Tapi kebanyakan yang kayak gini kan anak-anak remaja yang iseng, apa lagi coretannya tidak jelas," katanya.

Walau begitu setidaknya untuk mengetahui siapa pelaku-pelaku vandalisme, Isro meminta perlu dilakukan pemasangan CCTV ditempat yang memang rawan akan aksi vandalisme.

Baca: Twitter Tiba-tiba Minta Semua Pengguna Ganti Password, Ada Apa?

"Ya pasang aja CCTV ditempat yang memang rawan, kalo gak ada ya susah, walau nanti di cat lagi, pasti bakal terjadi lagi," katanya.

Selain itu aksi vandalisme juga tidak hanya terjadi di Underpass Matraman, namun juga terjadi di Fly Over Cipinang Lontar, beberapa coretan membuat Flyover tersebut terkesan kontor dan tak sedap dipandang.

Penulis: Joko Supriyanto

Berita ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul: Yaelah! Underpass Bercabang Matraman Sudah Rusak Gara-Gara Anak 'Alay'

Sumber: Warta Kota
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas