Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

DPRD DKI: Pembentukan Pansus Rumah DP Nol Rupiah Masih Sebatas Wacana

DPRD DKI Jakarta berencana membentuk Panitia Khusus (Pansus) terkait pengadaan program Rumah DP Nol Rupiah.

Editor: Sanusi
zoom-in DPRD DKI: Pembentukan Pansus Rumah DP Nol Rupiah Masih Sebatas Wacana
Tribunnews/JEPRIMA
Sejumlah warga mulai mendatangi lahan yang akan dibangun Rumah Susun (Rusun) Klapa Village, Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur, Sabtu (20/1/2018). Pemprov DKI meluncurkan program rumah down payment (DP) 0 rupiah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) agar memiliki hunian di Ibu Kota tahap yang rencananya Pemprov DKI akan membangun satu menara 20 lantai yang terdiri atas 703 unit. Rusunami tersebut terdiri atas 513 unit tipe 36 meter persegi (m2) dan 190 unit tipe 21 m2. Harga tipe 36 yang terdiri atas dua kamar ditetapkan Rp 320 juta dan tipe 21 terdiri satu kamar dijual Rp 185 juta. Tribunnews/Jeprima 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta berencana membentuk Panitia Khusus (Pansus) terkait pengadaan program Rumah DP Nol Rupiah. Namun sejauh ini pembentukan Pansus masih sebatas wacana.

Sekretaris Komisi D Fraksi PDIP, Pandapotan Sinaga mengatakan, sejauh ini Komisi D belum melakukan pembahasan terkait pembentukan Pansus DP Nol Rupiah.

"Secara teknis mendalam saya belum tahu. Tapi memang untuk hal itu, kita dari Komisi D pembahasannya. Wacana mungkin ya. Karena penjelasan dari Pemda (Pemerintah Daerah) belum ada," kata Pandapotan saat dihubungi Kontan.co.id Selasa (5/6).

Sejauh ini DPRD menilai program rumah susun yang digagas oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Sandiaga Uno dinilai belum menunjukkan hasil. Bahkan menurut Pandapotan Pemprov DKI belum mengajukan kajian dan pemaparan mengenai rumah DP Nol Rupiah.

"Yang jelas pengadaan DP Nol ini pelaksanaannya agak sulit lah. Ini siapa yang dapat? Kriteria untuk mendapatkan ini belum ada kejelasan. Karena sampai sekarang penjelasan DP Nol Rupiahnya belum pernah ada dan kalau dia (Anies-Sandi) mengajukan DP Nol Rupiah itu kan harus bikin kajian pemaparan ke kita kan?" tegas Pandapotan.

Sebelumnya Anggota DPRD Fraksi PDIP William Yani memberikan usulan agar dibentuknya Pansus guna melihat perkembangan pembangunan rumah DP Nol Rupiah yang menjadi program unggulan saat kampanye Anies-Sandi.

Usulan ini disambut baik oleh Sandiaga Uno.

BERITA TERKAIT

Berita Ini Sudah Dipublikasikan di KONTAN, dengan judul: DPRD DKI Jakarta : Pembentukan pansus rumah DP nol rupiah masih wacana

Sumber: Kontan
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas