Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Hewan Ternak Juga Suka Dengarkan Lagu Slow Jika Sedang Stres

Stres ternyata tidak hanya dialami oleh manusia, hewan ternak pun bisa mengalami masa-masa itu.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Hewan Ternak Juga Suka Dengarkan Lagu Slow Jika Sedang Stres
TRIBUN MEDAN/DANIL SIREGAR
Panitia mengikat sapi kurban sebelum di sembelih saat menyambut Hari Raya Iduladha di Masjid Agung, Medan, Sumatera Utara, Jumat (1/9/2017). Panitia kurban menyembelih 34 ekor sapi dan membagikan 3700 kupon daging kepada fakir miskin dan duafa. TRIBUN MEDAN/DANIL SIREGAR 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Stres ternyata tidak hanya dialami oleh manusia, hewan ternak pun bisa mengalami masa-masa itu.

Beberapa faktor penyebabnya adalah lingkungan dan bertemu orang baru.

Namun bagaimana cara mengatasi stres pada hewan ternak?

Adi, salah seorang pengelola peternakan CV Sapi Bagus yang terletak di kawasan Cimanggis, Depok, mengatakan bahwa stres itu bisa hilang jika hewan-hewan tersebut mendengarkan lagu.

Menurutnya, suara instrumen sepertti lagu-lagu mellow bisa berpengaruh pada penurunan tingkat stres pada hewan ternak, termasuk sapi.

"Stres itu sebenarnya kalau di kandang bisa kita kasih musik-musik, bisa juga (ada) pengaruhnya," ujar Adi, kepada Tribunnews.com di Kompleks KG Group, Palmerah, Jakarta Pusat, Selasa (14/8/2018).

Baca: Harga Seekor Sapi Limosin Bisa untuk Beli Lima Puluhan Kambing

Ia menjelaskan, jenis musik slow yang biasa didengarkan manusia sebagai pengantar tidur pun bisa mengembalikan mood pada hewan ternak.

BERITA TERKAIT

"(Diberikan) musik slow aja kayak kita kalau mau tidur, dia juga sebenarnya akan menikmati," jelas Adi.

Namun perlu diperhatikan pula, selain memberikan stimulan berupa musik slow atau mellow itu, para peternak juga harus mengenali hewan ternaknya sendiri.

Jika nafsu makan mereka tiba-tiba berkurang, dan sering terlihat lelah, maka bisa dideteksi bahwa hewan tersebut mungkin saja mengalami sakit.

"Di sisi lain, sapi itu kalau kita perhatikan dengan seksama, ketika dia nafsu makannya bagus, berarti dia cukup sehat, nggak stres, tapi kalau sapinya makannya kok kurang, sering sekali tidur, itu mungkin dia sedang sakit," kata Adi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas