Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Lahan Makam Dibangun Tol Depok, Lebih Dari 10 Jasad dalam Keadaan Utuh saat Dipindah

Kondisi jasad yang masih utuh meski sudah dikubur selama puluhan tahun itu diketahui sejak pemindahan dimulai pada Minggu (16/9/2018)

Lahan Makam Dibangun Tol Depok, Lebih Dari 10 Jasad dalam Keadaan Utuh saat Dipindah
TribunJakarta.com/Bima Putra
Proses pemindahan jasad di TPU Grogol, Limo, Depok, Kamis (20/9/2018) 

TRIBUNNEWS.COM, DEPOK - Lebih dari 10 jasad yang dipindahkan dari Tempat Pemakaman Umum Kelurahan Grogol masih dalam kondisi utuh saat ditemukan.

Jumlah ini diperkirakan terus bertambah hingga 525 jasad dipindahkan demi proyek pengerjaan Jalan Tol Depok-Antasari.

Baca: Sule dan Lina Resmi Bercerai, Rizky Febian Sempat Tulis Kalimat tentang Perpisahan

"Wah kalau jasad yang utuh sih lebih dari 10, tapi yang banyak diberitain memang cuman beberapa. Tapi semua yang masih utuh itu kebanyakan orang yang meninggal zaman dulu," kata Yeni (47), warga sekitar TPU Grogoldi Limo, Depok, Kamis (20/9/2018).

Kondisi jasad yang masih utuh meski sudah dikubur selama puluhan tahun itu diketahui sejak pemindahan dimulai pada Minggu (16/9/2018).

Menurut Yeni, jasad dengan kondisi utuh didominasi oleh warga asli Kelurahan Grogol dan dikubur di TPU Grogol.

"Kebanyakan mah sesepuh sini. Memang enggak terlalu dibikin heboh karena pihak keluarga enggak mau. Makannya habis digali, langsung disalatkan dan dikubur kembali," ujar dia.

Tuti (68), ahli waris dari salah satu jasad yang dipindahkan, mengatakan jasad yang masih utuh berasal dari keluarga terpandang yang kerap berbagi kepada sesama.

Meski enggan menyebut satu per satu nama almarhum atau keluarganya, Tuti menuturkan semasa almarhum hidup mereka selalu taat beribadah.

"Dari keluarga berada yang memang warga asli sini. Memang semasa hidupnya mereka enggak hidupnya enggak neko-neko, mungkin karena itu jasad mereka masih utuh, ada juga yang pas digali makamnya wangi," tutur dia.

Baca: Dede Richo di Mata Aris Idol sebagai Pribadi yang Baik

Sebagai informasi, hingga berita ditulis sudah lebih dari 200 jasad yang dipindahkan ke lahan dekat TPU Grogol yang disediakan pihak perancang Tol Desari.

Pemindahan dimulai sekira pukul 08.00 WIB hingga 16.00 atau 17.00 WIB dengan melibatkan panitia pemindahan dan puluhan pekerja yang penggali makam.

Penulis: Bima Putra

Berita ini telah tayang di Tribunjakarta.com dengan judul: 10 Jasad Utuh dari TPU Grogol Sesepuh Desa, Wangi saat Digali untuk Dipindahkan

Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Sumber: TribunJakarta
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas