Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Antisipasi Rob di Penjaringan, 40 Petugas PJLP Siaga Setiap Malam

Camat Penjaringan Muhammad Andri menyatakan, petugas-petugas itu ditempatkan di lokasi-lokasi yang dinilai rawan rob.

Editor: Sanusi
zoom-in Antisipasi Rob di Penjaringan, 40 Petugas PJLP Siaga Setiap Malam
Warta Kota/Nur Ichsan (SAN)
KALI BERSIH - Petugas kebersihan sedang menjaring sampah yang terbawa arus air Kali Angke, kawasan Pantai Indah Kapuk, Penjaringan, Jakarta Utara, Rabu (2/4/2018). Upaya menjaga kebersihan kali ini, menciptakan lingkungan yang bersih dan asri. (Warta Kota/Nur Ichsan) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebanyak 40 petugas Penyedia Jasa Lainnya Perseorangan (PJLP) disiagakan setiap malamnya demi mengantisipasi rob di Kecamatan Penjaringan.

Camat Penjaringan Muhammad Andri menyatakan, petugas-petugas itu ditempatkan di lokasi-lokasi yang dinilai rawan rob.

"Kita tempatkan petugas di situ selalu untuk mengawasi rob, jadi kalau ketinggian robnya signifikan baru kita ada tindakan-tindakan," kata Andri kepada wartawan, Senin (21/1/2019).




Andri menuturkan, petugas PJLP itu berasal dari sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah seperti Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga, dan Lingkungan Hidup.

Ia melanjutkan, sebanyak 1.300 karung berisi pasir telah dipasang untuk mencegah limpasan air sedangkan 1.000 karung lainnya sudah disiagakan.

Baca: Jadwal Timnas dan Klub Indonesia Sepanjang Tahun 2019

"Kita selalu standby 1.000 (karung). Sudah dipakai, sekarang lagi dibikin lagi, ya pokoknya harus standby 1.000. Kemarin di muara angke sekitar 1.300 dipasang waktu sebulan lalu," kata Faruk.

Adapun terdapat tiga titik rawan rob di Penjaringan yaitu RW 04 Kamal Muara, RW 22 Pluit atau Muara Angke, dan Pelabuhan Perikanan Nizam Zaman.

BERITA TERKAIT

Pompa-pompa mobile telah disiapkan di titik-titik itu namun baru pompa di Pluit yang sudah difungsikan karena rob di titik lainnya dinilai belum terlalu tinggi.

Diberitakan sebelumnya, rob merendam perkampungan nelayan di kawasan Muara Angke akibat fenomena supermoon yang menyebabkan kenaikan air pasang laut.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "40 Petugas PJLP Siaga Setiap Malam untuk Antisipasi Rob di Penjaringan"

Sumber: Kompas.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas