Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Sudinhub Jaktim Ancam Proses Hukum Jukir Liar yang Masih Manfaatkan Trotoar Jadi Lahan Parkir

"Kita imbau agar tidak menjerumuskan masyarakat agar tak parkir di tempat yang tidak diperbolehkan," kata Dahlan

Editor: Imanuel Nicolas Manafe
zoom-in Sudinhub Jaktim Ancam Proses Hukum Jukir Liar yang Masih Manfaatkan Trotoar Jadi Lahan Parkir
Warta Kota/ANGGA BHAGYA NUGRAHA
ILUSTRASI PARKIR LIAR - Petugas Dinas Perhubungan DKI Jakarta, tengah menertibkan kendaraan yang nekat parkir liar di Kawasan Jalan Yusuf Adiwinata, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (14/11/2018). Penertiban tersebut sebagai bentuk penindakan dan sterilisasi kendaraan di area larangan parkir. Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kasie Pengawasan Pengendalian Sudin Perhubungan Jakarta Timur, Slamet Dahlan menegaskan, juru parkir liar yang memanfaatkan trotoar jadi tempat parkir atau ladang penghasilan mereka bakal mendapat sanksi bila terjaring operasi penertiban parkir liar yang kini gencar dilakukan.

"Kalau kedapatan kita kenakan sanksi, kita BAP (Berita Acara Pemeriksaan). Kita imbau agar tidak menjerumuskan masyarakat agar tak parkir di tempat yang tidak diperbolehkan," kata Dahlan saat memimpin operasi penertiban parkir liar di sejumlah ruas jalan di Jakarta Timur, Kamis (21/3/2019).

Baca: Pemilik Motor Kalang Kabut Tinggalkan Belanjaan Saat Razia Parkir Liar di Jatinegara Barat,

Selain mewanti-wanti para juru parkir liar, Dahlan mengimbau masyarakat agar tak terpedaya bujukan juru parkir liar sehingga nekat memarkir kendaraannya di trotoar.

Dahlan menyebut pemerintah telah menjamin hak pejalan kaki agar sehingga siapa pun yang parkir sembarang mendapat sanksi, di antaranya dicabut pentil ban dan diangkut.

"Pejalan kaki diatur haknya, operasi penertiban parkir liar ini juga merupakan tindak lanjut dari keluhan yang disampaikan pejalan kaki ke kita. Kendaraan yang parkir sembarang kita angkut dan cabut pentil bannya," ujarnya.

Dalam operasi yang dibantu personel Satlantas Polres Jakarta Timur dan Polisi Militer, sedikitnya 85 sepeda motor dicabut pentilnya, sedangkan 25 diangkut lalu dibawa ke Samsat Kebon Nanas.

Baca: Jangan Sembarangan Parkir Mobil di DKI Kalau Nggak Ingin Kena Razia Seperti di Kebayoran Lama Ini

15 mobil dan satu truk pun terpaksa diderek karena parkir di bahu jalan sehingga memperburuk kemacetan panjang saat jam sibuk.

BERITA TERKAIT

"Setelah ditilang baru kita kembalikan ke yang punya. Sanksi maksimal ditilang Lantas biar jera. Kedepannya kita harap agar parkir pada tempatnya," tuturnya.

Penulis : Bima Putra 

Berita ini telah tayang di Tribunjakarta.com dengan judul : Trotoar Jadi Tempat Parkir, Sudin Perhubungan Jakarta Timur Bakal Ciduk Juru Parkir Liar

Sumber: TribunJakarta
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas