Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Sudinkes Jakpus Beberkan Sejumlah Wilayah Rawan DBD, Paling Rawan di Petojo

Kelurahan Petojo Selatan menjadi wilayah paling rawan di Kecamatan Gambir dengan IR sebesar 13,6 per 100 ribu penduduk

Editor: Imanuel Nicolas Manafe
zoom-in Sudinkes Jakpus Beberkan Sejumlah Wilayah Rawan DBD, Paling Rawan di Petojo
Youtube
Nyamuk demam berdarah 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wabah Demam Berdarah Dengue (DBD) masih mengacam warga di sejumlah daerah, salah satunya di Jakarta Pusat.

Kepala Suku Dinas Kesehatan (Sudinkes) Jakarta Pusat Erizon Safari membeberkan kelurahan paling rawan penyebaran demam berdarah dengue ( DBD) di setiap kecamatan yang ada di wilayahnya.

Baca: Ini Alasan Golongan Darah O Sering Digigit Nyamuk dan Rawan Terjangkit Demam Berdarah

Tingkat kerawanan ini sendiri diperoleh berdasarkan rasio perbandingan antara jumlah kasus DBD dengan banyaknya jumlah penduduk di wilayah tersebut atau yang biasa disebut sebagai Insidens Ratio (IR).

Kelurahan Petojo Selatan menjadi wilayah paling rawan di Kecamatan Gambir dengan IR sebesar 13,6 per 100 ribu penduduk.

Kemudian, Kelurahan Pasar Baru menjadi yang terawan di Kecamatan Sawah Besar dengan nilai IR sebesar 15,52 per 100 ribu penduduk.

"Lurahan Petojo Selatan dan Pasar Baru ditemukan dua kasus DBD, tapi memiliki nilai IR berbeda karena jumlah penduduk di wilayah iru juga berbeda," ucapnya, Kamis (21/3/2019).

Selanjutnya, Kelurahan Cempaka Baru (4 kasus) dengan IR 11,55 per 100 ribu penduduk dan Kelurahan Senen (2 kasus) dengan IR 36,75 per 100 ribu penduduk masing-masing menjadi yang terbanyak di Kecamatan Kemayoran dan Senen.

BERITA TERKAIT

"Kecamatan Cempaka Putih paling rawan itu di Kelurahan Rawasari dengan enam kasus dan nilai IR sebesar 26,24 per 100 ribu penduduk," ujarnya saat dihubungi TribunJakarta.com.

"Selanjutnya Kampung Rawa di Johar Baru dengan tiga kasus atau nilai IR sebesar 13,65 per 100 ribu penduduk," tambahnya.

Berikutnya, ada Kelurahan Menteng (7 kasus) dengan IR sebesar 23,36 per 100 ribu penduduk dan Kelurahan Kebon Kacang (7 kasus) dengan IR 29,68 per 100 ribu penduduk menjadi yang terawan di Kecamatan Menteng dan Tanah Abang.

Seperti diberitakan sebelumnya, Jakarta Pusat menempati urutan ke-empat di DKI soal penyebaran DBD.

Tercatat sejak awal Januari hingga pertengahan Maret ini ada 184 kasus dengan nilai IR sebesar 19.83/100.000 penduduk di wilayah Jakarta Pusat.

Erizon menjelaskan, indeks IR sendiri diperoleh dari perbandingan antara jumlah kasus DBD dengan banyaknya penduduk yang mendiami suatu lokasi.

Baca: 36 Orang Positif Demam Berdarah, Kota Salatiga Tetapkan Status Siaga DBD

Nilai IR ini-lah yang kemudian menjadi patokan tingkat kerawanan suatu wilayah terhadap bahaya penyakit DBD.

"Terbanyak di data kesehatan ini bukan berdasarkan jumlah kasus ya, tapi berdasarkan tingginya angka IR," kata Erizon menjelaskan.

Penulis : Dionisius Arya Bima Suci

Berita ini telah tayang di Tribunjakarta.com dengan judul : Waspada, Ini Wilayah Rawan DBD di Jakarta Pusat

Sumber: TribunJakarta
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas