Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Polisi Tangkap Kurir Bawa Uang Asing Lebih dari 90 Miliar Rupiah di Bandara Soekarno-Hatta

Mulai dari Yen, Won hingga dolar Singapura. Jika ditotal keenam kurir ini membawa uang lebih dari Rp 90 miliar.

Polisi Tangkap Kurir Bawa Uang Asing Lebih dari 90 Miliar Rupiah di Bandara Soekarno-Hatta
Warta Kota/ANGGA BHAGYA NUGRAHA
ilustrasi.Sejumlah tersangka dihadirkan saat rilis di Resmob Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Kamis (24/5/2018). Direskrimum Reserse Mobil Polda Metro Jaya, berhasil mengungkap pelaku Kejahatan denga kekerasa, kejahatan dengan pemberatan dan penipuan mata uang asing dan menankap 9 orang tersangka. Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Polda Metro Jaya bersama Polresta Bandara Soekarno-Hatta dan petugas Bea Cukai menangkap 6 kurir yang membawa mata uang asing lebih dari Rp 1 miliar.

Dari tangan pelaku, diamankan lebih dari Rp 90 miliar dalam berbagai mata uang. KPK akan tetap melakukan pencegahan politik uang pada masa tenang Pemilu 2019.

"KPK perlu memperingatkan, bahwa KPK akan tetap memperhatikan atau akan melakukan operasi khusus mencegah terjadinya money politics (politik uang) baik kepada penyelenggara pemilu maupun peserta," ujar Wakil Ketua KPK Saut Situmorang kepada wartawan, Senin (15/4/2019).

Saut menjelaskan, penyelenggara pemilu bisa melakukan operasi pencegahan politik uang mulai dari Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) hingga rekap suara di KPUD Kota/Kabupaten.

"Khusus untuk penyelenggara operasi bisa saja dilakukan di semua level mulai dari KPPS, Panwas, Rekap suara di KPUD Kab/Kota dan Provinsi dan lain-lain," jelasnya.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan, enam orang kurir yang diamankan membawa aneka ragam mata uang asing.

Mulai dari Yen, Won hingga dolar Singapura. Jika ditotal keenam kurir ini membawa uang lebih dari Rp 90 miliar.

Baca: PKB: People Power di Negara Demokrasi adalah Kebohongan Besar

"Mata uang asing itu berupa 10 juta yen, 90 juta won, 45 ribu real, 100 ribu dolar Selandia Baru, 3.677.000 dolar Singapura," kata Argo Sabtu (13/04).

Salah satu pelaku diamankan pada Jumat (12/4) setelah tiba dari Singapura. "Gofur dari Singapura Rp 17,4 miliar, Yunanto dan Edi Gunawan Rp 42,050 miliar, Giono dari Hong Kong Rp 12 miliar, Kevin dan Yudi dari Bangkok Rp 18 miliar. Total sekitar Rp 90 miliar lebih," katanya.

Hingga saat ini, polisi masih menyelidiki motif keenam kurir membawa uang dalam jumlah yang sangat besar itu.

Kasus ini melanggar Peraturan Bank Indonesia No. 20/2/PBI/2018 tentang Perubahan atas Peraturan Bank Indonesia No.19/7/PBI/2017 tentang Pembawaan Uang Kertas Asing ke Dalam dan ke Luar Daerah Pabena Indonesia.

Yang tertulis setiap orang atau korporasi yang membawa uang kertas asing dengan senilai setara atau lebih dari Rp 1 miliar akan dikenakan sanksi.

Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Ilham Rian Pratama
Editor: Johnson Simanjuntak
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas