Tribun

10 Bus Listrik Transjakarta Mulai Uji Coba Beroperasi

PT Transjakarta saat ini tengah menguji pra uji coba bus listrik untuk memutuskan kemungkinan rencana penggunaan bus listrik

Editor: Fajar Anjungroso
zoom-in 10 Bus Listrik Transjakarta Mulai Uji Coba Beroperasi
TRIBUNNEWS/CHOIRUL ARIFIN
Bus listrik BYD buatan pabrikan bus listrik terkemuka di China, BYD Auto Co.Ltd. dipamerkan di booth Transjakarta di ajang Busworld Suoth East Asia 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (20/3/2019). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Transjakarta saat ini tengah menguji pra uji coba bus listrik untuk memutuskan kemungkinan rencana penggunaan bus listrik. Saat ini ada 10 bus listrik yang sedang diuji coba.

Direktur operasional PT Transjakarta Daud Joseph mengataka uji coba ini nantinya akan melihat beberapa aspek seperti cara melakukan pengisian daya, ketahanan waktu, daya jelajah dan biaya operasional bis listrik. 

“Ketika sudah (uji coba) selesai baru kita akan mengambil keputusan, kesimpulan untuk diajukan ke Pemprov DKI sebetulnya layak tidak teknologi ini sebagai moda transportasi publik. Kalau ternyata memang layak biayanya berapa, apakah DKI bersedia membiayai transportasi publik menggunakan ini. Jika iya maka kita akan perbanyak kendaraan listrik ini,” kata dia saat ditemui di daerah Senayan, Selasa (30/4).

Hadirnya bis listrik ini juga upaya Pemprov DKI Jakarta memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai bis listrik tersebut.

Baca: Bus Listrik Transjakarta Bantu atasi Polusi Udara

Selain itu, ujicoba ini dilakukan sembari menunggu perizinan terkait penggunaan bis listrik di Jakarta yang diperkirakan hingga Juni atau Juli atau bahkan bisa sampai Oktober 2019.

“Karena kita tidak tahu mengenai regulasi ini berapa lama,” ucap dia.

Di samping itu, Joseph berharap kedepannya jika bis listrik layak digunakan di Jakarta stakeholder terkait dapat membantu pengadaan dan operasional bis listrik tersebut.

Ia mencontohkan, di luar negeri setiap pembelian kendaraan transportasi listrik mendapatkan subsidi, tarif dasar listrik dan pembelian spare part untuk transportasi listrik mendapatkan diskon.

Serta diberikan sebidang tanah gratis dan tidak dikenakan harga sewa untuk depo bis listrik.

Berita ini sudah tayang di kontan berjudul Transjakarta uji coba 10 bus listrik
 

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas