Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Dua Solusi yang Ditawarkan Anies Baswedan Terkait Korban Kebakaran Kampung Bandan

Melihat kondisi itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan telah menyiapkan solusi jangka panjang bagi korban kebakaran

Dua Solusi yang Ditawarkan Anies Baswedan Terkait Korban Kebakaran Kampung Bandan
WARTA KOTA/ANGGIE LIANDA PUTRI
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kebakaran di pemukiman di kawasan Kampung Bandan, Jakarta Utara membuat ratusan warga kehilangan tempat tinggalnya.

Melihat kondisi itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan telah menyiapkan solusi jangka panjang bagi korban kebakaran.

Baca: Siapa 2 Wanita yang Ada di Video Ancam Penggal Jokowi? Polisi Minta Mereka Serahkan Diri

Solusi jangka panjang tersebut, adalah dengan menyiapkan hunian berupa rumah susun yang akan dibangun untuk masyarakat yang kehilangan tempat tinggalnya akibat dilalap oleh sijago merah pada 11 Mei 2019 lalu.

"Terkait dengan Kampung Bandan, ada dua aspek penanganan jangka pendek dan jangka panjang. Jangka pendek adalah untuk memastikan semua warga yang terdampak kebakaran mereka terjamin kebutuhan dasarnya. Sementara jangka panjang, terkait dengan pemukiman di sana," papar Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (14/5/2019).

Sebelumnya, ada 450 rumah tinggal warga dikatakan ludes terbakar akibat amukan api pada Sabtu (11/5/2019) lalu.

Dari 450 rumah tinggal tersebut, ada 3.500 jiwa dari 400 KK di RT 011, 012, 013 RW 005 Kelurahan Ancol yang diperkirakan kehilangan tempat tinggal akibat peristiwa itu.

Anies pun menyebut tak akan merelokasi korban-korban kebakaran tersebut.

Menurut Anies, nantinya masyarakat Kampung Bandan, akan menempati rumah susun yang dibangun di atas lahan milik PT KAI dengan bekerjasama dengan BUMD Sarana Jaya.

"Lahan 1 hektar itu adalah milik PT KAI. Jadi tadi direktur aset KAI ikut di dalam rapim, dan kita menyepakati bahwa akan dibangunkan pemukiman di sana. Jadinya solusinya bukan mereka dipindah keluar dari Kampung Bandan, tapi solusinya jangka panjang akan disiapkan hunian untuk di lokasi yang sekarang terkena api," kata dia.

Untuk sementara waktu, lanjut Anies masyarakat akan dibuatkan shelter atau penampungan sementara oleh Dinas Perumahan DKI Jakarta

Pembangunan penampungan sementara itu merupakan salah satu alternatif seiring dengan berjalannya pembangunan rumah susun tersebut.

Baca: Pergi Bachtiar Nasir Bakal Dijemput Paksa oleh Polisi Setibanya di Indonesia

"Akan disiapkan shelter hunian sementara di tempat itu, jadi sembari pembangunannya dilakukan. Jadi mereka nanti akan disiapkan hunian sementara di situ, dinas Perumahan yang menyiapkan hunian sementara nya," kata Anies Baswedan.

Untuk pembangunannya dan lain-lain ini memanh baru diputuskan tadi pagi ya, kita menugaskan Sarana Jaya untuk mengatur dengan PT KAI mereka akan bicara," tutur Anies Baswedan.

Penulis : Pebby Ade Liana

Artikel ini telah tayang di Tribunjakarta.com dengan judul : Anies Baswedan Bakal Bangun Rusun Sebagai Hunian Warga di Kampung Bandan

Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Sumber: TribunJakarta
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas