Tribun

Mudik Lebaran 2019

Pemudik Tujuan Jawa Barat Juga Masih Padati Terminal Kalideres

Para pemudik ini kebanyakan merupakan warga Jawa Barat yang mayoritas baru bisa mudik pada H-1 Lebaran.

Editor: Choirul Arifin
Pemudik Tujuan Jawa Barat Juga Masih Padati Terminal Kalideres
WARTA KOTA/JOKO SUPRIYANTO
Para pemudik menunggu keberangkatan bus di Terminal Kalideres, Jakarta Barat pada H-1 Lebaran, Selasa (4/6/2019). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Meski sebagian diantara warga sudah melakukan perjalanan mudik ke luar daerah, rupanya masih ada warga yang melakukan perjalanan mudik di H-1 Lebaran ini.

Hal itu terpantau di Terminal Kalideres, Jakarta Barat. Bahkan sejak pagi hingga siang hari ini masih terlihat beberapa pemudik yang memadati area Terminal Kalideres.

Para pemudik ini kebanyakan merupakan warga Jawa Barat yang mayoritas baru bisa mudik pada H-1 Lebaran. Beberapa PO Bus yang melayani pembelian tiket pun masih terpantau ramai.

Salah seorang pemudik, Apit (27) mengatakan dirinya baru memutuskan mudik pada hari ini karena selain menghindari kemacetan juga karena baru mendapatkan jatah libur lebaran dari tempat kantornya bekerja.

"Kalo saya memang baru libur jadi baru sekarang bisa mudik ke Cirebon. Ya selain itu kita menghindari macet juga sih makannya ambil pulangnya mepet," kata Apit saat ditemui di Kalideres, Selasa (4/6/2019).

Baca: Pemudik Masih Padati Terminal Kampung Rambutan di H-1 Lebaran

Apit mengaku sebelumnya ingin mengunakan jasa moda transportasi lain seperti kereta api, namun karena tidak mendapatkan tiket, ia pun beralih mengunakan bus untuk mudik ke kampung halamannya.

Baca: Salat Idul Fitri di Masjid Cut Meutia Diperkirakan Akan Diikuti 1.500 Jemaah

"Saya udah mau pesen satu bulan kemarin, tapi udah habis. Niatnya itu mau cuti lebih awal, tapi berhubung gak dapat, cuma dapat jatah libur sampai Senin depan ini," katanya.

Terpisah, Kepala Terminal Kalideres, Revi Zulkarnain mengatakan untuk pemudik yang melalui Terminal Kalideres di H-1 ini sudah mengalami penurunan dibandingkan 2 sampai 3 hari lalu.

"Sekarang sudah terlihat adanya penurunan dibandingkan pada H-4 lalu dimana ada sebanyak 6 ribu penumpang yang berangkat dari Terminal Kalideres, tapi untuk H-1 ini baru 862 penumpang yang berangkat," kata Revi.

Meski menurun masih ada beberapa pemudik yang melakukan perjalanan mudik. Mereka diantaranya merupakan pemudik yang berasal dari jarak pendek seperti Jawa Barat dan Lampung.

"Ya memang masih ada pemudik yang berangkat tapi mereka ini pemudik yang jaraknya pendek seperti Jawa Barat dan Lampung," ujarnya.

Sementara itu dari H-7 hingga H-1 lebaran setidaknya Terminal Kalideres telah memberangkatkan sebanyak 25,845 penumpang ke berbagai daerah dan sebanyak 1.584 bus yang berangkat dari Terminal Kalideres. (JOS)

Penulis: Joko Supriyanto
Artikel ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul H-1 Lebaran, Pemudik Asal Jawa Barat Masih Padati Terminal Kalideres

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
  Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas