Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

JAAN Temukan Penampungan Anjing di Belakang Plaza Semanggi untuk Dikonsumsi

Saat mereka datang untuk memeriksa keadaan anjing tersebut, terlihat beberapa preman yang juga tukang parkir setempat datang menghampiri

JAAN Temukan Penampungan Anjing di Belakang Plaza Semanggi untuk Dikonsumsi
DailyMail
Iilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Beredar kabar terdapat penangkaran anjing ilegal di kawasan Semanggi, tepatnya di pintu keluar belakang Plaza Semanggi, Jakarta Selatan.

Kabar tersebut beredar melalui video yang viral di Instagram @jakartaanimalaidnetwork. Dalam video tersebut, terlihat beberapa ekor anjing dikurung.

Video itu diambil oleh seorang warga yang kebetulan berada di lokasi. Pihak Jakarta Animal Aid Network (JAAN) menerima laporan tersebut dan sempat menyusuri lokasi.

Saat mereka datang untuk memeriksa keadaan anjing tersebut, terlihat beberapa preman yang juga tukang parkir setempat datang menghampiri dan berusaha mengusir mereka dari lokasi.

Co Founder JAAN, Karin mengatakan, tempat tersebut merupakan lokasi pengepulan anjing untuk dikonsumsi.

"Ini tuh pengepul, jadi mereka tidak potong di situ, kita juga nggak tahu dibawa kemana. Tapi buat dipotong, sudah pasti," ujar Karin saat dihubungi di Jakarta, Jumat (26/7/2019).

Karin mengatakan, saat pihaknya bertanya tentang keberadaan anjing tersebut kepada warga setempat, mereka mengatakan tidak ada anjing.

Padahal, menurut informasi yang dia dapat, tempat pengepul anjing tersebut sudah ada sejak belasan tahun lalu.

"Sudah 10-15 tahun mereka di situ. Sebenarnya semua orang tahu di situ. Cuma yang dekat-dekat situ mereka tuh takut untuk ngomong," kata Karin lagi.

Namun, dia masih belum tahu berapa jumlah anjing yang berada di dalam bedeng tersebut. Atas temuan tersebut, dirinya melaporkan ke Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian.

"Kita laporkan ke KPKP, sejuah ini belum ada sih (perkembangan dari laporan). Saya tanya sudah follow up atau belum? Kata dia sedang dicek sama staf di lapangan. Tapi saya hari ini mau tanya lagi," ucap dia.

Kompas.com sempat menyusuri tempat tersebut. Berdasarkan pantauan, tempat tersebut ditutupi warung roko dan minuman ringan.

Beberapa baris motor pun terlihat terpakir di depan warung. Saat mencoba mendekati kandang yang ada di balik warung, tercium bau kotoran anjing yang menyengat.

Terdengar dua sampai tiga kali gong-gongan anjing. Saat ingin mendekati kandang, terlihat beberapa tukang parkir memantau pergerakan Kompas.com dengan penuh curiga. Kompas.com memutuskan mengambil beberapa foto dan pergi dari lokasi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "JAAN: Penampungan Anjing di Belakang Plaza Semanggi untuk Dikonsumsi", https://megapolitan.kompas.com/read/2019/07/26/13122281/jaan-penampungan-anjing-di-belakang-plaza-semanggi-untuk-dikonsumsi?page=all.

Editor: Sugiyarto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas