Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Dilakukan Kanalisasi Sepeda Motor di Jalan Sudirman-Thamrin

Kanalisasi seperti ini sudah dijalankan oleh Pemprov DKI Jakarta dan Ditlantas Polda Metro Jaya di ruas jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta.

Dilakukan Kanalisasi Sepeda Motor di Jalan Sudirman-Thamrin
Ridwan Aji Pitoko/KOMPAS.com
Pengendara motor mulai patuhi instruksi menggunakan lajur paling kiri di Jalan MH Thamrin-Jalan Medan Merdeka Barat, Rabu (24/1/2018). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, ke depan akan diterapkan aturan sepeda motor wajib melintas di lajur kiri.

Kanalisasi ini rencana diterapkan di ruas jalan yang terdampak ganjil genap di Ibu Kota. Menurut Syafrin, langkah ini selain untuk ketertiban, juga efektif buat mengatur kecepatan dan berujung demi keamanan dan keselamatan berlalu lintas.

"Nanti akan fokus pada area ganjil genap, tetapi ruasnya di mana saja itu belum, kita juga tidak bisa langsung menerapkan sekaligus," ujar Syafrin kepada Kompas.com, Minggu (11/8/2019).

Kanalisasi seperti ini sudah dijalankan oleh Pemprov DKI Jakarta dan Ditlantas Polda Metro Jaya di ruas jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta.

Aturan ini berlaku sejak 5 Februari 2018, yang mewajibkan pengguna motor melintas di lajur kiri.

Jalur khusus motor ini dibuat warna kuning dan berada di bagian lajur paling kiri.

Baca: Agar Menarik, Harga Jual Mobil Listrik Harus Dibikin Murah

Sekarang ini ada enam titik di ruas jalan Sudirman-Thamrin yang diberi marka itu, seperti Jalan Medan Merdeka Barat sisi timur sebanyak tiga titik, Jalan MH Thamrin sisi timur di depan Kementerian ESDM, Jalan MH Thamrin sisi timur di depan Bank Mandiri, serta di depan Sarinah masing-masing sebanyak satu titik.

Namun, ada perbedaan luas jalan yang diberikan untuk motor antara Jalan MH Thamrin dan Medan Merdeka Barat. Pada Jalan MH Thamrin, hanya satu ruas jalan yang diberikan untuk sepeda motor.

Sementara itu, di Jalan Medan Merdeka Barat, ada dua ruas jalan yang disediakan sepeda motor. Pembatasan ruas jalan tersebut tidak diberi pembatas dan hanya ditandai dengan garis putih lurus.

Artikel ini tayang di Kompas.com dengan judul  Kanalisasi Sepeda Motor Sudah Berlaku di Jalan Sudirman-Thamrin

Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Choirul Arifin
Sumber: Kompas.com
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas