Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Peduli Keselamatan Jalan, UMB Sosialiasi di SMP Al-Azhar Syifa Budi Kemang

Tim dosen dan mahasiswa Universitas Mercu Buana memberikan sosialisasi tentang keselamatan jalan kepada kaum remaja, di SMP Al-Azhar Syifa Budi

Peduli Keselamatan Jalan, UMB Sosialiasi di SMP Al-Azhar Syifa Budi Kemang
dok Universitas Mercu Buana
Suasana Sosialiasi di SMP Al-Azhar Syifa Budi Kemang 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tim dosen dan mahasiswa Universitas Mercu Buana memberikan sosialisasi tentang keselamatan jalan kepada kaum remaja, di SMP Al-Azhar Syifa Budi Kemang Jakarta, Kamis (3/10/2019).

Kegiatan ini merupakan bagian dari Program Pengabdian Masyarakat, dengan dukungan Hibah Dikti tahun 2019.

Dalam sosialisasi ini, panitia yang adalah tim dosen dan mahasiswa Universitas Mercu Buana ini melibatkan sejumlah mitra kerja, yakni dari Kementerian Perhubungan, Koordinator Lalu Lintas (Korlantas) Mabes Polri, dan pihak Yayasan SMP Al-Azhar.

Ketua panitia pelaksana kegiatan sosialisasi ini, Widodo Budi Darmawan mengungkapkan, bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah agar para remaja lebih menaati aturan lalu lintas dan bersabar dalam berkendara. Menurutnya, para remaja harus diberi pemahaman sejak awal seperti ini.

"Kita sendiri tau, bahwa angka kecelakaan lalu lintas kebanyakan korbannya itu remaja. Jadi, pada dasarnya kita menghendaki agar para remaja lebih memiliki pemahaman terhadap aturan-aturan berkendara, terutama paham terhadap rambu-rambu lalu lintas," tutur.

Widodo menambahkan, bahwa untuk mengetahui apakah siswa-siswi yang terlibat memiliki perkembangan, pihaknya melakukan tes di awal sebelum kegiatan dimulai dan tes di akhir kegiatan sosialisasi.

Dalam hal ini, para pelajar yang hadir mengalami peningkatan kemampuan setelah mendalami pengetahuan tentang keselamatan berkendaraan di jalan yang disampaikan oleh para narasumber.

"Pada kegiatan tersebut, pihak Kementerian Perhubungan menyampaikan materi tentang jenis-jenis kendaraan yang baik untuk digunakan dan cara-cara berkendara yang aman di jalan. Kemudian, Korlantas Polri memberikan aturan-aturan ketika berkendara di jalan, sedangkan tim Universitas Mercu Buana menyajikan tata cara berlalulintas yang santun dan sopan," urai Widodo.

Selain itu, AKBP Aldo Siahaan menyampaikan, bahwa pihaknya sangat mendukung kegiatan-kegiatan seperti ini. Menurutnya, langkah ini adalah langkah yang sangat baik untuk mengingatkan masyarakat tentang pentingnya mengutamakan keselamatan dalam berkendara.

"Kami hadir untuk berinteraksi dengan masyarakat, terutama pelajar tentang pentingnya berkendara secara teratur dan patuh pada aturan lalu lintas. Sebab, hal tersebut telah diatur dalam Undang-undang Nomor 22 tahun 2019 tentang pentingnya mengutamakan keselamatan dalam berkendara di jalan," kata Aldo.

Pada kesempatan yang sama, Rifqi Takahiro Arakawa, Siswa Kelas IX 1 SMP Al-Azhar Syifa Budi Kemang yang hadir saat itu, mengutarakan manfaat dirinya mengikuti kegiatan sosialisasi keselamatan jalan.

Rifqi menyatakan, bahwa lewat kegiatan ini, dirinya berhasil memiliki pengetahuan tentang tata cara berkendara yang baik dan yang tidak melanggar aturan lalu lintas.

Editor: Toni Bramantoro
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas