Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Targetkan 1 Juta Wisatawan Muslim ke Jakarta di Tahun 2020

Semakin banyak pihak yang terlibat, akan semakin cepat perkembangan pariwisata halal Jakarta

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus berupaya perbanyak destinasi wisata halal.

Bank DKI sebagai salah satu BUMD milik Jakarta mendukung hal tersebut lewat produk dan layanan keuangan berupa Unit Usaha Syariah (UUS).

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Alberto Ali, mengaku semakin banyak pihak yang terlibat, maka turut berimbas pada makin cepatnya perkembangan pariwisata halal Ibu Kota.

Baca: Sejumlah Fakta Anggota Satpol PP DKI Jakarta Lakukan Pembobolan ATM Bank DKI Rp 32 Miliar

"Semakin banyak pihak yang terlibat, akan semakin cepat perkembangan pariwisata halal Jakarta," kata Alberto Ali saat dikonfirmasi, Kamis (28/11/2019).

Alberto menjelaskan Pemprov DKI pada tahun 2020 mendatang memasang target satu juta wisatawan muslim berkunjung ke Jakarta. Salah satu target terdekat ialah meratakan restoran dan hotel yang tersertifikasi halal.

"Jadi semakin banyak UKM dan restoran yang memiliki sertifikasi halal, jadi semakin banyak wisatawan muslim. Kita targetkan wisatawan muslim 1 juta di 2020," ujarnya.

Baca: Bank DKI Terus Manjakan Kaum Milenial Pengguna JakOne Mobile

Sementara itu, Direktur Kredit UMK dan Usaha Syariah, Babay Parid Wazdi menuturkan program UUS Bank DKI merupakan bentuk dukungan terhadap keperluan perbankan dari pelaku industri pariwisata halal.

"UUS Bank DKI memiliki berbagai produk mulai dari berbagai dana pihak ketiga ataupun pembiayaan untuk keperluan modal kerja ataupun pengembangan usaha," kata Babay.

Dukungan destinasi wisata halal juga tercermin dari adanya nota kesepahaman antara UUS Bank DKI dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal Kementerian Agama Republik Indonesia (BPJPI).

Pada sektor keuangan syariah, Bank DKI juga telah menyalurkan kredit berbentuk pembiayaan modal kerja linkage kepada Koperasi Syariah, Bank Perkreditan Rakyat Syariah (BPRS) Pegadaian Syariah, Multifinance Syariah, UMKM dan para supplier BUMD DKI Jakarta.

"Mengingat jumlah muslim yang dominan di Indonesia dan semakin tingginya kesadaran gaya hidup halal, ini menjadi peluang bisnis menjanjikan," pungkas dia.

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas