Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

BPTJ: Penerapan Jalan Berbayar di Tahun Depan Tunggu Regulasi

Bambang Prihartono memastikan Electronic Road Pricing (ERP) akan diberlakukan tahun 2020 sambil menunggu regulasi.

BPTJ: Penerapan Jalan Berbayar di Tahun Depan Tunggu Regulasi
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Kendaraan melintas di bawah alat electronic road pricing (ERP) di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Selasa (13/11/2018). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan melakukan uji coba coba sistem jalan berbayar atau electronic road pricing (ERP) secara terbatas pada 14 November mendatang. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM - Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), Bambang Prihartono memastikan Electronic Road Pricing (ERP) akan diberlakukan tahun 2020 sambil menunggu regulasi.

“Kami sedang menyusun regulasi kita berharap ada Peraturan Pemerintah (PP) yang berlaku mengenai pasal pungutan biaya di jalan nasional. BPTJ sedabg mengkaji untuk turut memasukannya dalam revisi UU No.22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) yang tengah disiapkan DPR masuk Prolegnas,” kata Bambang di Jakarta, Senin (2/12/2019).

Terkait lokasi mana yang akan diterapkan ERP, BPTJ masih melakukan survei terlebih dahulu dan berdasarkan hasil studi pungutan tersebut nantinya akan masuk ke Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Hasil pungutan itu digunakan untuk mengembangkan angkutan massal.

Baca: Aturan Ganjil Genap Akan Dihapus, Aturan Baru Disiapkan

“ERP ini dampaknya mengurangi orang-orang yang menyebabkan kemacetan. Tarifnya nanti akan progresif jadi kalau jalannya macet tarif mahal, kalau lancar akan rendah. Kita akan berikan insentif nanti pemda juga dapat dana pengelolaan,” jelasnya.

Penerapan ERP juga diharapkan dapat menurunkan tingkat kemacetan secara signifikan, pengedara kendaraan pribadi akan migrasi ke moda tranportasi massal.

Terlebih lagi, tahun depan doubel track kereta akan difungsikan, adanya pengadaan bus tempel serta LRT Jabodebek yang siap beroperasi.

Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Reynas Abdila
Editor: Fajar Anjungroso
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas