Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

KCI Sediakan Ruangan Pelayanan Disabilitas di Stasiun Juanda

Kereta Commuter Indonesia (PT KCI) meningkatkan aksesibilitas layanan bagi para pengguna jasa dengan disabilitas.

KCI Sediakan Ruangan Pelayanan Disabilitas di Stasiun Juanda
Tribunnews/JEPRIMA
Sejumlah penumpang saat menaiki kereta listrik di stasiun Manggarai, Jakarta Pusat, Senin (2/9/2019). PT Kereta Commuter Indonesia telah melayani penumpang kereta rel listrik sebanyak 163 juta penumpang dari total target akhir tahun ini sebanyak 340,65 juta orang. Tribunnews/Jeprima 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Kereta Commuter Indonesia (PT KCI) meningkatkan aksesibilitas layanan bagi para pengguna jasa dengan disabilitas.

Peningkatan pelayanan tersebut dengan memperkenalkan Ruang Pelayanan Disabilitas yang terletak di pintu utara Stasiun Juanda.

VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba mengatakan, pengguna disabilitas dapat memanfaatkan ruangan ini untuk memastikan kebutuhannya saat menggunakan KRL terpenuhi dengan baik.

Baca: Peringatan Hari Disabilitas Internasional, Momentum Perjuangan Hak dan Kesejahteraan Penyandang

Baca: ‎Presiden Jokowi Jamin Pemenuhan HAM bagi Penyandang Disabilitas

"Di sini pengguna juga dapat menyampaikan masukan seputar layanan disabilitas serta informasi seputar pelayanan PT KCI secara umum," kata Anne dalam keterangannya, Rabu (4/12/2019).

Selain itu, lanjutnya, para pengguna jasa dengan disabilitas juga dapat memanfaatkan layanan khusus disabilitas di nomor 081296605747 yang dapat dihubungi melalui telepon, SMS, dan layanan whatsapp.

"Sebelum bepergian menggunakan KRL Commuter Line, pengguna jasa dengan disabilitas dapat menghubungi nomor telepon tersebut dan menginformasikan perkiraan waktu kedatangannya di stasiun keberangkatan," terangnya.

Sejumlah penumpang saat menaiki kereta listrik di stasiun Manggarai, Jakarta Pusat, Senin (2/9/2019). PT Kereta Commuter Indonesia telah melayani penumpang kereta rel listrik sebanyak 163 juta penumpang dari total target akhir tahun ini sebanyak 340,65 juta orang. Tribunnews/Jeprima
Sejumlah penumpang saat menaiki kereta listrik di stasiun Manggarai, Jakarta Pusat, Senin (2/9/2019). PT Kereta Commuter Indonesia telah melayani penumpang kereta rel listrik sebanyak 163 juta penumpang dari total target akhir tahun ini sebanyak 340,65 juta orang. Tribunnews/Jeprima (Tribunnews/JEPRIMA)

Selanjutnya petugas di stasiun keberangkatan akan berkoordinasi dengan petugas di dalam KRL maupun petugas di stasiun tujuan.

Menurutnya, petugas akan senantiasa membantu pengguna jasa dengan disabilitas tak hanya sesampainya di stasiun tujuan, tapi juga mengantarkan hingga pengguna hendak menggunakan moda transportasi lanjutan.

Dia mengatakan, berbagai fasilitas bagi para pengguna jasa dengan disabilitas sudah tersedia di seluruh stasiun.

Fasilitas tersebut antara lain guiding block, kursi roda, ramp portable, kursi prioritas, serta informasi melalui suara maupun visual di kereta dan di stasiun.

Berbagai layanan ini merupakan upaya PT KCI yang juga bersinergi dengan stakeholder, mulai dari komunitas, pengguna, operator, hingga regulator.

"PT KCI yakin layanan KRL Commuter Line akan lebih ramah bagi disabilitas dan tentunya semakin aksesibel bagi seluruh pengguna jasa KRL," kata Anne.

Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Ria anatasia
Editor: Sanusi
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas