Tribun

Warga Matraman Was-was Rumahnya Ambruk Gara-gara Galian Saluran Air

Warga RT 004, RW 008, Jalan Kayu Manis IX, Matraman, Jakarta Timur merasa was-was rumah mereka akan ambruk terdampak galian air

Editor: Fajar Anjungroso
Warga Matraman Was-was Rumahnya Ambruk Gara-gara Galian Saluran Air
KOMPAS.COM
Rumah di Matraman terancam ambruk 

TRIBUNNEWS.COM - Warga RT 004, RW 008, Jalan Kayu Manis IX, Matraman, Jakarta Timur merasa was-was rumah mereka akan ambruk terdampak proses galian saluran air.

Sebelumnya dua rumah ambruk di kawasan itu, yaitu rumah milik Joko Suseno dan Lia. Dua rumah itu diduga ambruk karena terdampak proyek galian saluran air.

Novi (47) salah satu warga mengatakan, ia khawatir sebab teras rumahnya saat ini sudah tak stabil. Salah satu tiang penyangganya sudah mulai goyang sejak ada pengerjaan proyek tersebut.

Ia mengatakan, galian saluran air terlalu berdekatan dengan tiang fondasi rumahnya.

"Ya jelas takutlah, ini lihat nih sudah mulai goyang-goyang," kata Novi sembari menunjuk salah satu tembok di bagian teras rumah, Sabtu (14/12/2019).

Baca: Rumah Warga di Matraman Roboh, Diduga Akibat Proyek Saluran Air Pemprov DKI

Novi melanjutkan, bila terjadi sesuatu pada huniannya itu ia akan menuntut ganti rugi pada kontraktor dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang membangun proyek galian itu.

"Ya minta ganti rugilah, masa proyek kok nyusahin warga," ujarnya.

Warga lainnya, Rini Yustia (39) juga merasa khawatir karena tiang listrik di depan rumahnya terancam ambruk. Tiang listrik itu berada persis di jalur galian.

Akibatnya proyek itu tiang listrik itu tak lagi kokoh. "Tiang listriknya juga bahaya banget, tadinya itu lurus sekarang sudah agak miring, kalau roboh kena rumah warga bahaya itu kabel-kabelnya itu ada arus tegangan tinggi semua," ucap Rini.

Ia berharap, kontraktor maupun Pemkot dan Pemprov DKI Jakarta bisa lebih peduli dengan kondisi dan keselamatan warga dibandingkan pengerjaan galian.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "2 Rumah Ambruk di Matraman, Warga Khawatir Ada Kejadian Serupa".

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas