Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Menipis, Stok Bawang Putih di DKI Hanya Cukup Sampai Awal Maret

Stok bawang putih yang dimiliki badan usaha milik Pemprov DKI, PT Food Station Tjipinang Jaya, tinggal sekitar 1.000 ton.

Editor: Sanusi
zoom-in Menipis, Stok Bawang Putih di DKI Hanya Cukup Sampai Awal Maret
Tribunnews.com/ Fitri Wulandari
Bawang putih dan cabai rawit merah yang disediakan dalam operasi pasar murah yang digelar Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui perusahaan BUMD PT Food Station Tjipinang Jaya atau Fod Station, di Toko Tani Indonesia Center (TTIC), Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Minggu (9/2/2020). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Stok bawang putih yang dimiliki badan usaha milik Pemprov DKI, PT Food Station Tjipinang Jaya, tinggal sekitar 1.000 ton.

Stok bawang putih tersebut diperkirakan hanya cukup sampai awal Maret 2019, tidak cukup untuk stok pada bulan Ramadhan.

"Di Food Station ada sekitar 1.000 ton, 38 kontainer. Ini sampai dengan akhir Februari, awal Maret," ujar Direktur Utama PT Food Station Tjipinang Jaya Arief Prasetyo Adi di Toko Tani Indonesia Center, Jakarta Selatan, Minggu (9/2/2020).

Baca: Jadwal Acara TV Besok, 10 Februari 2020: Film Fast and Furious 6 di GTV, Cinta karena Cinta di SCTV

Baca: Sandiaga Uno: Kalau Mau Maju Harus Mengerti Entrepreneurship

Baca: Turki Dituduh Mengirim Warga Suriah Kembali ke Zona Perang Saat Konflik Meningkat




Dengan menipisnya stok bawang putih di PT Food Station Tjipinang Jaya, Arief berharap Kementerian Pertanian (Kementan) segera menerbitkan rekomendasi impor produk holtikultura (RIPH).

Dengan demikian, PT Food Station Tjipinang Jaya bisa mendapat surat persetujuan impor (SPI) dari Kementerian Perdagangan untuk mengimpor bawang putih.

"Memang harus segera diputuskan untuk dikeluarkan RIPH dan SPI dari dari Kemendag," kata Arief.

Arief juga berharap PT Food Station Tjipinang Jaya bisa mendapatkan kloter pertama untuk mengimpor bawang putih pada tahun ini.

BERITA TERKAIT

PT Food Station Tjipinang Jaya membutuhkan stok bawang putih untuk menstabilkan harga komoditas pangan tersebut di pasar.

"Kami punya stok untuk stabilisasi. Kami meminta didorong dapat batch pertama karena Food Station ini sebagai penyeimbang," ucap Arief.

Harga bawang putih saat ini mengalami kenaikan. Berdasarkan info di situs web infopangan.jakarta.go.id, harga bawang putih mencapai Rp 57.812 per kilogram.

Badan Ketahanan Pangan Kementan bersama Pemprov DKI Jakarta menggelar operasi pasar di 22 lokasi untuk menstabilkan harga bawang putih.

Dalam operasi pasar tersebut, bawang putih dijual seharga Rp 30.000 kilogram.

Selain bawang putih, operasi pasar tersebut menyediakan cabai merah dan cabai rawit. Harganya Rp 30.000 per kilogram untuk masing-masing komoditas.

Harga tersebut lebih murah dibandingkan harga pasar, yakni harga cabai merah Rp 85.483 per kilogram, sementara cabai rawit merah Rp 82.741 per kilogram.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Stok Bawang Putih di DKI Menipis, Hanya Cukup Sampai Awal Maret"

Sumber: Kompas.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas