Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

INDEF: Sinergi Antar BUMD Penting Untuk Optimalisasi Pembangunan DKI Jakarta

Pengamat Ekonomi dari Institute for Development of Economic and Finance (INDEF) Enny Sri Hartati mengatakan sinergitas BUMD

INDEF: Sinergi Antar BUMD Penting Untuk Optimalisasi Pembangunan DKI Jakarta
Tribunnews.com/Gita Irawan
Peneliti Senior INDEF Enny Sri Hartati usai diskusi bertajuk "Urgensi Pemberantasan Korupsi Bagi Perekonomian, Investasi, dan Perbaikan Fiskal di kawasan Menteng Jakarta Pusat pada Rabu (18/9/2019) 

Laporan wartawan tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Pengamat Ekonomi dari Institute for Development of Economic and Finance (INDEF) Enny Sri Hartati mengatakan sinergitas BUMD di bawah naungan Pemprov DKI Jakarta penting untuk optimalisasi pembangunan.

Ia mencontohkan, Bank DKI selaku BUMD yang punya obyek layanan cukup luas. Hal itu disebut jadi modal memaksimalkan program-program pembangunan di Jakarta.

"Keuntungan Bank DKI adalah memiliki obyek layanan yang besar, yakni di daerah ibu kota. Karena itu Bank DKI harus mampu memanfaatkan strategi-strategi perbankan untuk membantu pelaksanaan program pembangunan Jakarta," ungkap Enny kepada wartawan, Kamis (20/2/2020).

Ia pun berharap program-program yang sudah diluncurkan bersama BUMD DKI semisal program pangan murah, Pengembangan Kewirausahaan Terpadu (PKT), KJP Plus, hingga Kartu Pedagang dapat kian ditingkatkan.

Baca: Indef: Hanya 5,02 Persen, Pertumbuhan Ekonomi Tak Mencapai Target

Baca: Indef Ramal Shortfall Pajak Rp 196,8 Triliun, Defisit Bisa Tembus 2,8 Persen pada 2020

Tujuannya supaya berimbas pada daya saing yang ikut meningkat, khususnya sesama Bank Pembangunan Daerah (BPD).

"Apa yang dilakukan oleh Bank DKI juga dapat dicontoh oleh Bank Pembangunan Daerah lainnya di seluruh Indonesia," pungkasnya.

Adapun BUMD DKI dalam hal ini Bank DKI baru-baru ini menjalin kerja sama dengan Bank Pembangunan Daerah yang ada di Indonesia. Kerja sama itu meliputi co branding produk uang elektronik.

Produk tersebut kini digarap Bank DKI bersama sejumlah BPD semisal Bank Papua dan Bank Sulut Go.

"Sinergi antar BPD Seluruh Indonesia juga diwujudkan dalam bentuk produk bersama yaitu Tabungan Simpeda," ujar Sekretaris PT Bank DKI Herry Djufraini.

Bank DKI juga ditunjuk Asosiasi Bank Daerah (Asbenda) sebagai tuan rumah Panen Rejeki BPD ke-30 tahap II tahun 2020. Salah satu kegiatannya yakni seminar nasional BPD seluruh Indonesia bertema sinergi BUMD di DKI Jakarta.

"Penunjukkan ini harapannya agar dapat diikuti oleh BPD lainnya," ungkap Herry.

Ikuti kami di
Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Hendra Gunawan
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas