Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Antisipasi Mudik Lokal, Kemenhub Perketat Pengawasan Wilayah Jabodetabek

Menurut Adita, pengetatan pengawasan ini dilakukan dengan menambah cek poin, dan personil di lapangan saat hari raya lebaran

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
zoom-in Antisipasi Mudik Lokal, Kemenhub Perketat Pengawasan Wilayah Jabodetabek
Tribunnews/Dany Permana
Petugas gabungan memeriksa kendaraan yang akan melewati Tol Jakarta-Cikampek di Cek Point KM 31, Cikarang, Jawa Barat, Sabtu (23/5/2020). H-1 Lebaran 2020 jalan Tol Jakarta-Cikampek arah ke Bandung dan Cirebon tampak lengang akibat pengetatan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan larangan mudik yang dikeluarkan pemerintah. TRIBUNNEWS/DANY PERMANA 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Perhubungan, melalui Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), memperketat pengawasan perbatasan wilayah Jabodetabek untuk mengantisipasi adanya mudik lokal saat Lebaran.

Juru Bicara Kemenhub, Adita Irawati mengatakan, hal ini dilakukan untuk mengantisipasi membludaknya masyarakat yang melakukan mudik lokal di satu wilayah.

Baca: Masjid Tutup, Warga Villa Nusa Indah Manfaatkan Pendopo untuk Salat Id Berjamaah

"Tentunya pengetatan pengawasan ini dilakukan untuk mencegah, penyebaran virus corona atau Covid-19 lebih meluas," kata Adit saat dikonfirmasi, Sabtu (23/5/2020).

Menurut Adita, pengetatan pengawasan ini dilakukan dengan menambah cek poin, dan personil di lapangan saat hari raya lebaran.

Adita juga menjelaskan, sebetulnya dalam Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 25 Tahun 2020, di wilayah aglomerasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pergerakan transportasi masih diizinkan.

Baca: Kasus Infeksi Afghanistan Melonjak Jelang Liburan Idul Fitri

"Hanya saja, saat Idul Fitri aktivitas berkumpul dengan keluarga di wilayah aglomerasi itu dikhawatirkan akan membludak," kata Adita.

BERITA TERKAIT

Maka dari itu, lanjut Adita, untuk mudik lokal dalam Jabodetabek pihaknya mengimbau agar masyarakat tidak mudik lokal dulu dan melakukan silaturahmi secara virtual.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas