Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Hari Pertama Mal di Jakarta Beroperasi, Tombol Lift dan Hand Sanitizer Pakai Sensor

Sebelumnya, Mal Kota Kasablanka hanya membuka ritel Transmart Carrefour sehingga pengunjung dapat membeli kebutuhan sehari-hari mereka.

Penulis: Mafani Fidesya Hutauruk
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Hari Pertama Mal di Jakarta Beroperasi, Tombol Lift dan Hand Sanitizer Pakai Sensor
Tribunnews.com/Mafani Fidesya Hutauruk
Suasana XXI di Mall Kota Kasablanka, Minggu (22/3/2020). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mal Kota Kasablanka Jakarta Selatan mulai didatangi pengunjung di hari pertama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memberikan izin mal beroperasi di masa New Normal pandemi Covid-19, Senin (15/06/2020).

Sebelumnya, Mal Kota Kasablanka hanya membuka ritel Transmart Carrefour sehingga pengunjung dapat membeli kebutuhan sehari-hari mereka.

Pengunjung yang hendak masuk ke dalam pusat perbelanjaan ini wajib mengikuti protokol kesehatan yang sudah dibuat oleh pihak manajemen Mal Kota Kasablanka.

Mulai dari pintu masuk, terlihat seorang petugas yang memegang termometer tembak untuk mengecek suhu tubuh pengunjung dengan menerapkan jarak.

Namun, sebelumnya pengunjung harus mencuci tangan dengan sabun cair yang disediakan manajemen mal.

Pengunjung dapat mengeluarkan air dari keran dengan kaki seperti alat pedal sehingga mereka tidak perlu menyentuh keran untuk mengeluarkan atau menghentikan air.

Kemudian, protokol kesehatan juga diterapkan di dalam mal seperti pada lift yang telah diberikan sensor sehingga pengunjung tak lagi menyentuh tombol lift.

BERITA TERKAIT

Di dalam lift disediakan pula Handsanitizer dengan alat sensornya sehingga ketika ada tangan alat tersebut dapat mengeluarkan cairan pembersih tangan.

Kapasitas lift dibatasi hanya untuk enam orang pengunjung saja.

Selain itu lantai lift diberikan tanda panah dengan arah yang saling bertolak belakang.

Sebagian besar karyawan yang hari ini masuk, baik yang bekerja di toko maupun dari pihak mal mengenakan alat pelindung diri seperti masker, faceshield, dan sarung tangan karet.

Walaupun restoran sudah menerima kembali pengunjung untuk makan di tempat, namun tetap ada penerapan protokol kesehatan.

Pada satu meja yang biasanya dapat digunakan untuk empat orang kini satu meja hanya dapat digunakan untuk dua orang.

Pengunjung dapat makan pada satu meja dengan posisi duduk tidak berhadapan (silang), dua sisi yang menyilang pada meja diberikan tanda (x).

Pada kasir pembayaran diberikan pembatasan berupa mika bening dan pengunjung yang hendak membayar makanan diminta untuk berjarak saat mengantre.

Lantai restoran di bagian kasir telah diberikan stiker agar pengunjung yang mengantre dapat berjarak satu meter.

Mal Kota Kasablanka menerapkan aturan menutup lebih cepat dari pada biasanya sebelum pandemi Covid-19, kini mal tutup pukul 20.00.

Gym, bioskop XXI, dan beberapa tempat terpantau belum buka di hari pertama ini karena mengikuti peraturan pemerintah provinsi DKI Jakarta.  

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas